DIRECT AND INDIRECT EXPERIENCE OF NATURE PADA KAJIAN BANGUNAN KAFE DI MALANG

Komang Ayu Laksmi HS Sari, Antonio Heltra Pradana, Tittah Putri Lintang Wigati

Abstract


Desain dengan pendekatan unsur alami merupakan suatu hal yang umum telah dilakukan sejak pendahulu kita. Mulai dari desain yang mengikuti bentuk alam, penerapan arsitektur hijau hingga teknologi bangunan yang kini terintegrasi dengan unsur alam. Manusia membutuhkan alam dalam keberlangsungan hidupnya dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan mereka. Sehingga pada penelitian ini berbekal prinsip Biofilik sebagai teori utama. Kafe adalah salah satu tempat yang kini digemari oleh sebagian besar penduduk di Malang, hal itu dibuktikan semakin pesatnya perkembangan bangunan kafe disetiap tahunnya. Nongkrong diruang terbuka dengan suasana alam adalah satu preferensi pengunjung dalam memilih kafe. Sehingga pada penelitian ini fokus pada kajian penerapan direct and indirect experience of nature (pengalaman langsung dan tak langsung akan alam) pada ketiga kafe yang telah dipilih. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literature, obeservasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini didapati direct experience of nature pada ketiga kafe dicapai dengan penerapan material kaca dan orientasi hadap bukaan guna memperoleh pencahayaan dan penghawaan alami, pengunaan elemen air, penataan lanskap ruang luar, penggunaan vegetasi pada interior dan antisipasi terhadap cuaca setempat. Sedangkan indirect experience of nature dicapai melalui penggunaan material alami pada elemen ruang, penggunaan warna cerah pada interior, adanya corak tumbuhan pada motif ubin dan bentuk fasad yang menyerupai pori-pori.


Keywords


Kafe Malang; pengalaman alam; desain Biofilik

References


Afacan, Y. J. A., & Society. (2021). Impacts of biophilic design on the development of gerotranscendence and the Profile of Mood States during the COVID-19 pandemic. 1-25.

Browning, W., Ryan, C. O., & Clancy, J. (2014). 14 Patterns of Biophilic Design: Improving Health and Well-Being in the Built Environment.

Gosciniak, M., & Januszkiewicz, K. (2019). Architecture inspired by Nature. Human body in Santiago Calatrava’s works. Sophisticated approach to architectural design. Paper presented at the IOP Conference Series: Materials Science and Engineering.

Kellert, S., & Calabrese, E. J. L. T. B. L. (2015). The practice of biophilic design.

McGee, B., & Park, N.-K. J. I. (2022). Colour, Light, and Materiality: Biophilic Interior Design Presence in Research and Practice. 5(1), 27–52-27–52.

Peters, T., & D’Penna, K. J. S. (2020). Biophilic design for restorative university learning environments: A critical review of literature and design recommendations. 12(17), 7064.

Phillips, D. (2004). Daylighting ( Daylighting (1st ed.) ed.): Routledge.

Place, A. o. (2019). Frank Lloyd Wright Johnson Wax Headquarters 1936–1939. Retrieved from https://www.atlasofplaces.com/architecture/johnson-wax-headquarters/

Pranjale-Bokankar, P. (2019). Biophilic Design -A Sustainable Approach.

Salimi, A., Salimi, A., PILEHVARIAN, N. J. T. O. J. O. D. A., & COMMUNICATION. (2016). Position of light and water in architecture and philosophy of art. 6.

Sari, K. A. L. H., & Sholeh, M. S. R. J. P. S. (2022). PERKEMBANGAN ARSITEKTUR BIOMORFIK HINGGA INTEGRASINYA TERHADAP PRINSIP ARSITEKTUR HIJAU. 3(2), 184-190.

Triutami, A., Pardiman, P., & Rizal, M. J. J. I. R. M. (2022). Preferensi Konsumen Dalam Memilih Cafe Di Kota Malang Menggunakan Analisis Konjoin. 11(08).




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2023.v12i2.005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan

License URL: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/18771

Layout Jurnal Vitruvian: Download

Declaration & CTA Form Vitruvian: Download

(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)

Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian

Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats