PREFERENSI MASYARAKAT TERHADAP TAMAN SUDIRMAN SEMARANG SEBAGAI PLAYGROUND

Rona Fika Jamila

Abstract


ABSTRACT
The Park is part of the open space that cannot be removed from the face of the city. Active parks is a vital necessity for the city, but in reality, not all active parks in the city of Semarang is visited by the public. That way this study wanted to find out people's favorite active Park, by taking the example of a Sudirman park that is crowded with visitors enough every day, either morning, afternoon, evening or night.
The research will be studied using quantitative paradigm of post-positivistic methodology and rationalistic in which case it is learned by using existing theories, and research results is expected to enrich the existing theory.In this study, the physical condition of Sudirman park that will be the independent variable, as the playground.Grand theory that used for this study is the theory about human preferences theory which this theory which has the framework aspect of mystery, complexity, and legibility.
The purpose of this study was to test the theory of preference in case of Sudirman park and the results of the research is expected that we can identify what kind of park as the playground, favored by the society of Semarang.
Keywords : city park, the public nature of the green open spaces , preference


ABSTRAK
Taman adalah bagian dari ruang terbuka yang tidak bisa dilepaskan dari wajah kota. Taman aktif merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat kota, namun pada kenyataannya tidak semua taman aktif di kota Semarang ini ramai dikunjungi oleh masyarakat. Untuk itu penelitian ini ingin mengetahui kesukaan masyarakat terhadap taman aktif, dengan mengambil contoh kasus taman Sudirman yang cukup ramai dikunjungi masyarakat setiap harinya baik pagi, siang, sore maupun malam.
Penelitian ini akan diteliti dengan menggunakan paradigma kuantitatif dan metodologi post positivistik rasionalistik dimana kasus ini diteliti dengan menggunakan teori yang sudah ada, dan hasil dari penelitian ini diharapkan akan dapat memperkaya teori yang sudah ada. Dalam penelitian ini, kondisi fisik taman Sudirman yang akan menjadi variabel bebas, yaitu kondisi fisik taman Sudirman sebagai playground.Grand theory yang dipakai untuk penelitian ini adalah teori tentang kesukaan atau kecenderungan manusia yaitu teori preferensi, dimana pada teori ini yang mempunyai aspek kerangka koherensi, kompleksitas, misteri dan keterbacaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji teori preferensi dalam kasus taman Sudirman dan hasil dari penelitian ini diharapkan kita dapat mengidentifikasi taman sebagai playground yang bagaimana yang disukai oleh masyarakat Semarang.
Kata kunci : taman kota, ruang terbuka hijau publik, preferensi


Full Text:

PDF

References


Adinata, Arief Aryo. 2009. Presepsi Masyarakat terhadap Karakter Visual Taman Menteri Supeno berdasarkan Tinjauan Lokasinya. Tesis. Universitas Diponegoro.

Carr, Stephen dkk. 1995.Public Space.NewYork :Cambridge University Press.

Cullen, Gordon. 1996.The Concise Townscape. Great Britain :Cambridge University Press.

Darmawan, Edy. 2004.Problematik Permukiman dan Ruang Kota.Semarang :Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Darmawan, Edy. 2003.Teori dan kajian Ruang Publik Kota.Semarang :Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. Statistik Non-parametrik. Semarang :Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, Rustam; Utomo. Hardi. 2003.Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta :Bumi Aksara.

Kaplan, Stephen dan Rachel Kaplan. 1981.Cognition and Environment.Michigan :Ulrich Book Store.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Vitruvian



Layout Jurnal Vitruvian: Download

Declaration & CTA Form Vitruvian: Download

(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)

Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian

Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats