IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED DAN VIRTUAL REALITY DALAM PENELITIAN ARSITEKTUR
Abstract
Teknologi digital augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) memiliki keutamaan dalam menyajikan representasi kondisi di dunia nyata dan mensimulasikan suatu kondisi buatan terhadap kondisi nyata tadi. Keduanya memiliki ciri tersendiri dimana AR mengetengahkan simulasi digital dari modifikasi kondisi buatan atau proyeksi rencana rancangan pada suatu kondisi eksisting lingkungan terbangun sedangkan VR sepenuhnya menyajikan representasi rancangan yang dapat diakses manusia dalam dimensi digital. Di dalam ranah ilmu arsitektur, pemanfaatan teknologi ini ditemukan di dalam penelitian arsitektural dalam rangka investigasi dan pengembangan keilmuan, selain daripada penggunaannya di dalam praktek perancangan dan konstruksi. Studi ini merupakan kajian literatur tentang pemanfaatan teknologi VR dan AR dalam penelitian arsitektur terkait berbagai topik, seperti pelestarian bangunan cagar budaya, pengaruh psikologis biofilia pada pengguna suatu lingkungan binaan, dan preferensi calon pengguna terhadap suatu rancangan arsitektur dan interior. Studi literatur ini disajikan secara sistematis (systematic literature review atau SLR) yang dimulai dengan perbedaan karakteristik antara teknologi VR dan AR kemudian dilanjutkan dengan penelitian mana saja yang menggunakan teknologi AR atau VR.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ashgan, et.al. (2023). Virtual Reality in Architecture. Civil Engineering and Architecture, 11(1), 498-506.
Bahar, Y. (2014). Aplikasi Teknologi Virtual Reality untuk Pelestarian Bangunan. Jurnal Ilmiah Desain dan Konstruksi, 34-45.
Chiamulera, et.al. (2017). Virtual Reality for Neuroarchitecture: Cue Reactivity in Built Spaces. Cognitive Science: A Section in Frontiers in Psychology, 8(185), 1-5.
Delgado, et.al. (2020). A Research Agenda for Augmented and Virtual Reality in Architecture, Engineering, and Construction. Advanced Engineering Informatics, 1-21.
Scott, H., et.al. (2022). Virtual Reality in the Neurosciences: Current Practice and Future Directions. Frontiers in Surgery, 8(807), 1-13.
Sternberg, E. (2009). Healing Spaces: The Science of Place and Well-being. Cambridge: Belknap of Harvard University Press.
Tokareva, J. (2018, Februari 02). The Difference Between Virtual Reality, Augmented Reality And Mixed Reality. Dipetik Desember 26, 2023, dari Forbes: https://www.forbes.com/sites/quora/2018/02/02/the-difference-between-virtual-reality-augmented-reality-and-mixed-reality/?sh=3150f3572d07
Uppunda, S. (2022). Virtual Reality, And How Are Architects Using It In Design? Dipetik Desember 20, 2023, dari Parametric Architecture: https://parametric-architecture.com/virtual-reality-and-how-are-architects-using-it-in-design/
Yin, J., et.al. (2019). Effects of biophilic indoor environment on stress and anxiety recovery: A between-subjects experiment in virtual reality. Environment International, 1-10.
Zaher, S., & Al-Tarazi, D. (2023). Virtual Reality Technology in Architectural Theory Learning: An Experiment on the Module of History of Architecture. Sustainability, 1-13.
Zhai,K., et,al. (2021). Virtual Reality Therapy for Depression and Mood in Long-term Care Facilities. Preprints, 1-12.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2024.v14i2.01
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan
License URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/24996
Layout Jurnal Vitruvian: Download
Declaration & CTA Form Vitruvian: Download
(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)
Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian
Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.