ANALISIS MOTIF RAGAM HIAS BATIK JAWA TENGAH BERBASIS UNSUR VISUAL BENTUK DAN WARNA (Studi Kasus Batik Semarang dan Pekalongan)

Pratiwi Kusumowardhani

Abstract


Penulisan kali ini merupakan hasil penelitian lanjutan dari serangkaian penelitian sebelumnya yang mengidentifikasi dua unsur desain yaitu warna dan bentuk dari serangkaian penelitian ragam hias batik yang ada di pulau Jawa,  dengan  adanya  penelitian  lanjutan  ini  diharapkan  dapat  menjadi referensi bagi para desainer dalam mendesain  produk-produk  desain yang menjadi mengangkat nilai-nilai tradisi Indonesia (Batik) melalui motifnya. Dalam penulisan kali ini penulis mengangkat ragam hias batik Jawa Tengah. Ragam hias batik Jawa Tengah bersifat naturalis dan dipengaruhi berbagai kebudayaan diluar Jawa Tengah maupun asing. Warna-warna yang dipakai tampak lebih cerah bila dibandingkan  dengan daerah Jawa lainnya. Motif yang dihasilkan  banyak  terinsiparsi  dari alam. Ada dua wilayah  di mana perajin batik lebih banyak ditemukan yaitu Semarang dan Pekalongan. Dalam penulisan ini penulis mengidentifikasi unsur visual bentuk dan warna ragam hias Jawa Tengah dengan batasan dua wilayah tersebut. Metodelogi Desain Nate Burgon & Adam Kallis diadaptasi dalam penelitian ini, yaitu konsep divergen dan  konvergen, sampai menemukan detail masalah. Detail masalah yang dikembangkan  dengan  mengadaptasi  teori unsur visual oleh Marvin Bartel yaitu analisis unsur visual bentuk dan warna motif yang sering muncul sehingga menjadi identitas awal motif ragam hias Jawa Tengah. Sehingga luaran yang dihasilkan berupa kesimpulan bentuk dan warna dasar yang menjadi ciri khas motif Ragam Jawa Tengah dengan studi kasus batik Semarang dan Pekalongan.

Katakunci: Jawa Tengah, motif, ragam hias, bentuk, warna


Keywords


Jawa Tengah; motif; ragam hias; bentuk; warna

Full Text:

PDF

References


Bartel, M. (1999). Elements and Principle of Design. Goshen: College.

Press. Bartel, M. (1999). Elements and Principle of Design . Goshen: College Press.

Djoemena, N. (1986). Ungkapan sehelai batik, Its mystery and meaning. Jakarta: Djambatan.

infosasiun. (n.d.).

Kusumowardhani, P. (2016). Buku Ajar Ragam Hias Mode (Vol. 1). (Pingki, Ed.) Jakarta: Polimedia Publishing.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Sidik, R. (n.d.). Ragam Hias Batik Jawa Tengah Khas Indonesia. Retrieved October 22, 2016, from www.informasiumum.com.

Sumarsono, H. (2011). Batik Pesisir Pustaka Indonesia. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Tirta, I. (2009). Batik A Play of Light and Shade. Jakarta: PT. Grafika

Multi Warna.

Yulianti, D. (2009). Mengungkap Sejarah & Pesona Motif Batik Semarang. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

p-ISSN: 2477-5134
e-ISSN: 2621-5233
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional

 


View My Stats

 

The Journal is indexed by: