BRAND EQUITY BANK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARAN

Rachmad Hidayat

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi pangsa pasar menggunakan metode Markov Chain dan menganalisis brand equity pada Bank BUMN untuk merancang strategi pemasaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa prediksi pangsa pasar tertinggi adalah BNI, BRI  dan Bank Mandiri. Brand awareness tertinggi adalah BRI. Brand loyalty tertinggi adalah Bank Mandiri  dengan level switcher ke habitual buyer dan satisfied buyer semakin besar, tetapi pada level liking the brand dan committed buyer mengalami penurunan. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai tidak adanya keterkaitan antara tingginya brand awareness dengan loyalitas. BRI dengan bank yang memiliki brand awareness paling tinggi di mata nasabah, namun tingkat nasabah yang melakukan perpindahan brand juga paling tinggi. Oleh karena itu para manajer pemasaran bank tidak boleh hanya puas dengan tingkat keterkenalan bank mereka. Para manajer pemasaran harus berupaya menggerakkan semua marketing effort mereka untuk meningkatkan brand awareness nasabah sehingga menjadi brand loyalty.


Keywords


Markov Chain; Brand Equity; Brand Awareness; Brand Loyalty; Bauran Promosi Pemasaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/sinergi.2016.2.002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SINERGI
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1410-2331
e-ISSN: 2460-1217
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/sinergi

 

Creative Commons License
Journal by SINERGI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: