Pengaruh Perilaku Konsumen Mobile Internet Terhadap Keputusan Pembelian Paket Layanan Data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta
Abstract
Teknologi GSM dan CDMA menjadi pilihan bagi pasar potensial bagi
penyedia jasa operator jaringan telekomunikasi di Indonesia. Terus
tumbuhnya pasar internet membuat operator telekomunikasi giat
berlomba memasarkan paket-paket jasa layanan data internet. Operatoroperator
telekomunikasi GSM ataupun CDMA seperti tak mau kalah
menawarkan paket-paket internet tersebut. Paket Mobile internet yang
lagi menjadi trend dan menjadi komiditi produk andalan dari beberapa
operator Telekomunikasi untuk menawarkan dan mendapatkan
pelanggan internet sebanyak mungkin adalah dengan menawarkan paket
layanan data “Unlimited Internet”. Keputusan pembelian konsumen
sangat dipengaruhi oleh perilaku pembelian dari konsumen tersebut.
Adapun perilaku pembelian konsumen dapat diukur dari empat faktor
yaitu faktor budaya(X1), sosial(X2), pribadi(X3) dan psikologi(X4).
Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisa dari keempat faktor
tersebut, agar dapat diketahui apakah semua faktor tersebut berpengaruh,
bagaimana hubungan dan seberapa besar pengaruhnya,serta faktor apa
yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian
dibatasi hanya pengguna dari operator telekomunikasi CDMA yang
menyediakan jasa layanan paket data Unlimited Internet, dengan
menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif dan kuantatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner . Teknik
analisa data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi berganda
, uji F dan uji t dengan bantuan software SPSS 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa variabel faktor
Psikologi(X4) dengan t hitung sebesar 3,608 memiliki pengaruh paling
besar/dominan/signifikan dalam keputusan pembelian paket layanan
data unlimited internet CDMA di DKI Jakarta (dapat dibuktikan).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Prasetijo, Ristiyanti, & Ihalauw, John J.O.I,. (2004). Perilaku Konsumen, Yogyakarta: CV Andi Offset.
Swastha DH, Basu . (1984). Azaz Azaz Marketing, Yogyakarta: Liberty.
Weston, J.Fred; E.Copeland, Thomas; Wasana, Jaka, & Kirbrandoko. (1998). Manajemen Keuangan Jilid 1, Edisi Kedelapan, Erlangga.
Suryabrata, Sumadi.(1998). Metodologi Penelitian, Universitas Gadjah Mada, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Saladin, H.Djaslim, . (1997). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran, Edisi Terbaru, Penerbit Linda Karya.
Jogiyanto, . (1993). Analisis & Disain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi Offset, Cetakan ketiga.
Shimp, Terence A. (2009). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid II, University Of South Carolina, Penerbit Erlangga.
Supranto, J. (2009). Statistik Teori Dan Aplikasi, Edisi Ketujuh Jilid 2, Erlangga.
Terplan, Kornel. (1992). Communication Network Management, Second Edition, Englewood Cliffs New Jersey: Prentice Hall.
Terplan, Kornel. (1997). Telecom Operations Management Solution With Net Expert, Englewood Cliffs New Jersey: Prentice Hall.
Swasta DH, Basu, & Irawan,. (1980). Manajemen Pemasaran Modern, Lembaga Akademi Manajemen Perusahaan, Yogyakarta: YKPN.
Muhidin, Sambas Ali, & Abdurahman, Maman, . (2007). Analisis Korelasi, Regresi, Dan Jalur DalamPenelitian, CV Pustaka Setia.
Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, . (2002). Perilaku Konsumen edisi revisi, Refika Aditama.
Adinugroho. (2002). Perilaku Konsumen, Studio Press.
Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran, Analis Perencanaan, Implemetasi dan Kontrol; Terjemahan Jilid I, Edisi ke Sembilan, Jakarta: PT. Prinhallindo.
Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapan dalam Pemasaran, Jakarta: PT.Gahalia Indonesia.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Simamora, Bilson. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama.
Yusniantama, Hugo Dibo. (2005). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Produk Value Added Services dari Layanan Telekomunikasi Selular, Jakarta: Penerbit UI Salemba.
Kotler, Philip; Ang, Swee Hoon; Leong, Siew Meng; & Tan, Chin Tion. (2000). Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia, Buku 1, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Wibisono, Gunawan; Kurniawan, Uke; & Hartono, Gunadi Dwi. (2008). Konsep teknologi Selular, Bandung: Informatika.
Wibisono, Gunawan, & Hartono, Gunadi Dwi. (2008). Mobile Broadband, Tren Teknologi Wireless Saat Ini dan Masa Datang, Bandung: Informatika.
Wahyono, Teguh. (2006). 36 Jam Belajar Komputer Analisa Data Statistik dengan SPSS 14, PT.Elexmedia Komputindo.
Sarwono, Jonathan. (2006). Analisis Data Penelitian menggunakan SPSS, Yogyakarta: CV Andi Offset.
Prastito, Arif (2004). Cara mudah mengatasi masalah statistic dan rancangan percobaan dengan SPSS 12, Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Peter, J. Paul & Olson, Jeryy C. (1999). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Sudjana. (1992). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/incomtech.v1i2.1099
Publisher Address:
Magister Teknik Elektro, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan 1, Jakarta 11650
Phone (021) 31935454/ 31934474
Fax (021) 31934474
Email: [email protected]
Website of Master Program in Electrical Engineering
http://mte.pasca.mercubuana.ac.id
pISSN: 2085-4811
eISSN: 2579-6089
Jurnal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/Incomtech
Jurnal DOI: 10.22441/incomtech
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional
The Journal is Indexed and Journal List Title by: