Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Google Sheets Menggunakan Gantt Chart Template Untuk Melakukan Evaluasi Pencapaian Target Kinerja Tim Kader Penggerak PKK Pada Kelurahan Meruya Utara

Riri Fajriah, Syukri Nazar

Abstract


Dalam era digitalisasi seperti saat ini, pengukuran pencapaian target perlu menggunakan suatu alat bantu seperti gantt chart template dengan mengimplementasikan metode tersebut dalam suatu aplikasi google berbasis cloud yang dikenal dengan google sheets, maka penyimpanan data gant chart dapat menggunakan cloud technology dan dapat diakses siapapun yang sudah diberikan hak akses, data diakses secara real time kapan pun dan dimanapun. Dengan berlandaskan hal tersebut, maka rencananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada kesempatan kali ini akan mengambil topik judul yaitu Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Google Sheets Menggunakan Gantt Chart Template Untuk Melakukan Evaluasi Pencapaian Target Kinerja Tim Kader PKK Pada Kelurahan Meruya Utara. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah membantu Unit Kasi Kesra di Kelurahan Meruya untuk dapat melakukan evaluasi secara detail mengenai progress pencapaian target kerja para tim kader PKK sehingga akan mendukung pencapaian kesejahteraan masyarakat di Wilayah Kelurahan Meruya Utara. Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah kegiatan pengabdian pada masyarakat ini sebagai bentuk kontribusi dari Universitas Mercu Buana untuk pemberdayaan masyarakat yang berdomisili di area sekitar dekat Kampus Meruya, dalam implementasi teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam bidang pemberdayaan teknologi cloud melalui pemanfaatan aplikasi google.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

F. Hapsari & S.D. Surya. (2017). “Efektivitas Kelembagaan Sosial Masyarakat Dalam Pemberdayaan Wanita dan Keluarga di Kelurahan Ciracas”. Journal of Applied Business and Economics Vol. 4 No. 3 (Mar 2017), Hal 266-276.

Handayani, Indri,. et.al. (2017). “Pemanfaatan Google Spreadsheet Sebagai Media Pembuatan Dashboard pada Official Site iFacility di Perguruan Tinggi”. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Vol. 7, No. 2, Juli 2017, Hal 177-186. DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v7i2.155.

Handayani, Sri & Daru, A. Firman. (2014). “Aplikasi Grantt Chart Pada Algoritma Penjadualan Proses”. Jurnal Transformatika, Volume 11, No.2, Januari 2014 : 79-86.

Jeffrey K. Pinto. (2015). “Project Management : Achieving Competitive Advantage”. Pearson; 4th edition.

Jumiati. (2018). “Evaluasi Program PKK Dalam Pemberdayaan Perempuan Di Desa Tanjung Hutan Kecamatan Buru Kabupaten Karimun Tahun 2017”. Jurnal FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji. http://repository.umrah.ac.id/id/eprint/1377

Kota Administrasi Jakarta Barat. “Profil Kelurahan Meruya Utara”. 2019 [online], tersedia : http://barat.jakarta.go.id/?p=kelurahan&node=176 dilihat tanggal 27 November 2019.

Wadu, L.Bomans,. et al. (2018). “Faktor Pendukung dan Penghambat Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Meningkatkan Keterampilan Warga Negara Melalui Program Pokok PKK”. JIP, Vo.8, No.1, Edisi Januari 2018, Hal: 62-71

Wikipedia. “Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga”. 2019 [online], tersedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Pemberdayaan_Kesejahteraan_Keluarga dilihat tanggal 27 November 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.