Rancang Bangun Game Tema Sejarah Perjuangan Indonesia
Abstract
Permainan (game) masih dipandang oleh sebagian masyarakat sebagai media yang hanya menghibur dan tidak mempunyai nilai pembelajaran. Disaat pandemi covid-19, game sangat diminati oleh anak-anak dan remaja karena harus berada di rumah, akan tetapi game yang berkonten edukasi sejarah perjuangan Indonesia masih sangat jarang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi game bertemakan sejarah Indonesia yaitu pembebasan Irian Barat dengan menggunakan software GameMaker Studio 2. Game ini akan memiliki sasaran pengguna berumur 8 tahun ke atas dan memiliki spesifikasi komputer bersistem operasi windows dengan ram minimal 500Mb. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi yaitu Multimedia Development Life Cycle. Tahapan penelitian terdiri dari 6 tahapan yaitu mencari konsep dari game, design rancangan game, pengumpulan material berupa objek-objek yang dibutuhkan, pembuatan game dengan menggabungkan semua elemen yang telah dibuat, selanjutnya dilakukan pengujian dengan metode black box testing dan User Acceptance Test. Hasil pengujian yang dilakukan dengan metode black box testing menyatakan bahwa semua fungsi berjalan dengan baik dan hasil uji coba dengan User Acceptance Test sebanyak 88% responden menyatakan bahwa game ini sudah dianggap baik dalam hal memberikan manfaat hiburan dan edukasi kepada masyarakat. Aplikasi game selanjutnya akan didistribusikan melalui penyimpanan online atau CD executable (.exe).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rollings, Andrew, and Ernest Adams. Andrew Rollings and Ernest Adams on game design. New Riders, 2003.
Albar, Deni, and Wira Mahardika. Visualisasi Tokoh Perempuan Dalam Game Multimedia Bertema Sejarah Kerajaan. Majalah Ilmiah UNIKOM 14.2. 2016. 185-193.
Wulansari, Findy. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Rambipuji Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011, 2013.
Pane, Benni, and Xaverius BN Najoan. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. Jurnal Teknik Informatika 12.1. 2017.
Widiastuti, Nelly Indriani, and Irwan Setiawan. Membangun Game Edukasi Walisongo, 2012.
Isa, Indra Griha Tofik, and Asriyanik Asriyanik. Game Edukasi Sejarah Gerakan Kemuhammadiyahan dengan Metode Picture and Picture Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika 8.3. 2017. 171-180.
Septiko, Winny Ardhian. Pengembangan Game Edukasi Platformer Kisah Gajah Mada Menyatukan Nusantara Menggunakan Metode Iterative With Rapid Prototyping. Diss. Universitas Brawijaya, 2018.
Binanto, Iwan. Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi, 2010.
Mustika, Mustika, Eka Prasetya Adhy Sugara, and Maissy Pratiwi. Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika 2.2. 2018. 121-126.
Sugiarto, Hari. "Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka." IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology) 3.1. 2018.
Arpiansah, Rega, Yusra Fernando, and Jafar Fakhrurozi. Game Edukasi VR Pengenalan Dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode MDLC Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi 2.2. 2021. 88-93.
Khesya, Nurhaliza. Mengenal Flowchart Dan Pseudocode Dalam Algoritma Dan Pemrograman. 2021.
Revandy, Rezha Mulia, and Yuma Akbar. Pengembangan Aplikasi Edukasi Game Little Iqra Berbasis Android Menggunakan Metode MDLC. Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer (J-ICOM) 3.1. 2022. 11-16.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2022.v14i2.006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah FIFO
Print ISSN: 2085-4315 | |
Online ISSN: 2502-8332 |
Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo
e-mail:[email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.