Penerapan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan untuk Rekomendasi Menu Makanan dan Minuman Resto Seafood
Abstract
Restoran merupakan salah satu fasilitas dalam industri layanan makanan dan bagian dari akomodasi pariwisata yang berperan dalam memenuhi kebutuhan wisatawan atau pelanggan. Saat ini, pencatatan transaksi di restoran masih dilakukan secara manual, namun dengan perkembangan teknologi, restoran berencana untuk mengadopsi sistem digital guna mempermudah penyusunan laporan penjualan dan pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif. Dalam menghadapi persaingan dikawasan wisata, system digital saja tidak cukup namun juga perlu strategi dalam menarik pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini adalah membuat aplikasi penjualan dan melakukan analisis hasil dari transaksi penjualan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma Apriori dengan pengujian menggunakan lift ratio. Data yang digunakan merupakan data transaksi sebanyak 1017 dari bulan juli hingga September. Hasil dari penelitian ini adalah apalikasi yang mampu melakukan analisis menggunakan metode Apriori. Hasil dari analisis yang diperoleh beberapa pola yang dapat dijadikan rekomendasi restoran dalam memberikan promo salah satunya kombinasi mendoan, teh, ikan bakar, cah kangkung dan Nasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
F. Amsury, I. Kurniawati, and M. Rizki Fahdia, “Implementasi Association Rules Menentukan Pola Pemilihan Menu Di the Gade Coffee & Gold Menggunakan Algoritma Apriori,” INFOTECH J., vol. 9, no. 1, pp. 279–286, Jun. 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.5357.
A. H. Maulana, C. Adinda Hartawan, F. Della Irawan, and P. Seta Ananta, “Rawamangun Muka Raya,” J. INTECH, vol. 2, no. 2, p. 1, 2021.
M. MAULANA, “Penerapan Algoritma Apriori Dan Algoritma Fp-Growth Dalam Menemukan Hubungan Data Nilai Ijazah Matematika Dan Bahasa Inggris Dengan Nilai Mata Pelajaran Pemrograman Dan Web Programming (Studi Kasus Smk Sandikta Kelas X Bekasi),” Jupiter J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 59–75, 2021, doi: 10.53990/cist.v1i2.83.
A. Penelitian Penerapan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Untuk Rekomendasi Menu Makanan Dan Minuman Nanda Nurisya Merliani, N. Isnaeni Khoerida, N. Tri Widiawati, L. Adi Triana, and P. Subarkah, “Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Attribution-ShareAlike 4.0 International Some rights reserved”, doi: 10.25077/TEKNOSI.v8i3.2022.009-016.
N. N. Merliani, N. I. Khoerida, N. T. Widiawati, L. A. Triana, and P. Subarkah, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Untuk Rekomendasi Menu Makanan Dan Minuman,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.25077/teknosi.v8i1.2022.9-16.
A. Setiawan and F. P. Putri, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan,” 66 Ultim., vol. XII, no. 1, 2020.
A. Setiawan and F. P. Putri, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, 2020, doi: 10.31937/ti.v12i1.1644.
A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 103–108, Jul. 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.
I. Ahmad, S. Samsugi, and Y. Irawan, “Implementasi Data Mining Sebagai Pengolahan Data,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 1, p. 46, 2022, [Online]. Available: http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/107
S. Widaningsih and S. Yusuf, “Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Siswa Berprestasi Dengan Menggunakan Algoritma K Nearest Neighbor,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 9, no. 3, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id
R. N. Wahyudi, D. E. Herwindiati, and J. Hendryli, “Market Basket Analysis dengan Perbandingan Metode Apriori dan FP-Growth Pada Data Transaksi XYZ,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 11, no. 1, 2023, doi: 10.24912/jiksi.v11i1.24077.
N. Hidayati and H. Widi Nugroho, “Penerapan Data Mining Untuk Menghasilkan Pola Pembelian Roti Menggunakan Algoritma Apriori”, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2959
H. E. Simanjuntak and W. Windarto, “Analisa Data Mining Menggunakan Frequent Pattern Growth pada Data Transaksi Penjualan PT Mora Telematika Indonesia untuk Rekomendasi Strategi Pemasaran Produk Internet,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 4, pp. 914–923, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i4.2300.
N. F. Rokhmawati and A. B. Arifa, “Analisis User Interface (UI) pada BRIMO (BRI Mobile) menggunakan Pendekatan Metode Pengembangan System Usability Scale (SUS),” J. Ilm. Ilk. - Ilmu Komput. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 64–77, 2024, doi: 10.47324/ilkominfo.v7i1.233.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441//fifo.2025.v17i1.005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah FIFO
![]() |
Print ISSN: 2085-4315 |
---|---|
Online ISSN: 2502-8332 |
Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo
e-mail:[email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.