ANALISIS DAN PENGUKURAN NILAI OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS SEBAGAI LANGKAH PENINGKATAN EFEKTIFITAS MESIN COAL CRUSHER PT. MULTI HARAPAN UTAMA

. . Kamari

Abstract


Dalam dunia bisnis saat ini, bisnis pertambangan dihadapkan pada tantangan yang besar seperti kebijakan pemerintah terhadap pembatasan ekspor, meningkatkan produktivitas dengan cara memanfaatkan produksi seefektif mungkin serta melakukan perbaikan secara berkesinambungan. Implementasi Preventive Maintenance yang dijalankan belum optimal sehingga terjadinya downtime yang cukup besar dan menurunkan kapasitas produksi. Dalam proses penambangan, ketersediaan mesin Coal Crusher akan menentukan keberlangsungan produksi yang berdampak pada produktivitas dan efisiensi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur nilai OEE, menentukan besarnya faktor Six Big Losses yang mempengaruhi OEE dan analisa faktor- faktor yang menjadi penyebab utama sebagai dasar untuk perbaikan. Berdasarkan hasil pegolahan data, tingkat efektifitas mesin Coal Crusher saat ini masih dibawah target yang ingin dicapai perusahaan, hasil perhitungan Six Big Losses, faktor yang memberikan pengaruh paling signifikan terhadap efektivitas mesin adalah Setup and Adjustment dan Equipment Failure. Dari analisa nilai OEE, faktor Six Big Losses dan Seventools of Quality tersebut menjadi dasar dari usulan perbaikan ke PT. MHU.


Keywords


Downtime, Setup and Adjustment Losses, Equipment Failure Losses, OEE, Six Big Losses, Seventools of Quality, TPM. Industri Pertambangan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/indikator.v4i3.11476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis

INDIKATOR
Magister Manajemen Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Kranggan No. 6 Jatisampurna, Kampus D Universitas Mercu Buana 17436
Tlp./Fax: +62218449635
p-ISSN: 2598-6783
e-ISSN: 2598-4888
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats