Mitigasi Risiko dan Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi: Pendekatan DEA Periode 2017 - 2019

Hadi Aldo, Appolo Appolo, Endri Endri, Bambang Santoso Marsoem

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia perode 2017-2019 yang diukur dengan metode DEA. Sampel dipilih menggunakan metode sampling sistematis. Data dianalisis menggunakan metode DEA di mana di dalamnya terdapat beberapa rasio keuangan yaitu  Current Ratio, Non Performing Loan, Return On Asset dan Loan-Deposit Ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2017 dan 2019 pengelolaan keuangan terbaik dicapai oleh Asuransi Bintang, Tbk diantara perusahan pesaing lainnya. Sedangkan di tahun 2018 kinerja keuangan terbaik diperoleh Asuransi Jasa Tania, Tbk. Perusahaan tersebut sukses dalam memperoleh kinerja keuangan terbaik karena menerapkan Mitigasi Risiko yang baik karena telah menerapkan manajemen risiko di perusahaan yang berpedoman kepada Peraturan Pemerintah, penerapan manajemen risiko dilakukan melalui kerangka kerja yang mengikuti tahapan proses identifikasi, pengukuran, pemantauan dan evaluasi pada setiap proses bisnis pada setiap unit kerja.


Keywords


Risiko, Manajemen Risiko, Mitigasi

Full Text:

PDF

References


Adrian Sutawijaya dan Etty Puji Lestari. (2009). Efisiensi Teknik Perbankan Indonesia Pasca Krisis Ekonomi: Sebuah Studi Empiris Penerapan Model DEA”, Jurnal Ekonomi Pembangunan; 10(1): 49-67, 2009.

Darmawi, Herman. 2001. Manajemen Asuransi. Jakarta: Bumi Aksara. Tobing, L. Bonggas,”Judul Buku”, Penerbit, edisi, 2003.

Denny Prasetyaningrum. 2010. Analisis Kinerja Keuangan Dengan Metode Data Envelopment Analysis (Dea) Pada Bank Konvensional Dan Bank Syariah. Surakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jdm.v5i1.14781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Doktor Manajemen (JDM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Doktor Manajemen (JDM)
Program Doktor Manajemen - Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats