IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DALAM KUALITAS PRODUK DAN DAYA SAING TERHADAP CUSTOMER PURCHASE ORDER PADA COFFE SHOP KOPI KENANGAN

NURUL HIDAYAH

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi digital marketing dalam kualitas produk dan daya saing terhadap customer purchase order pada coffee shop kopi kenangan. Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan terhadap strategi pemasaran bisnis, termasuk pada sektor kopi yang semakin komprtitif. Dalam konteks ini, digital marketing berperan penting dalam meningkatkan kualitas produk dan daya saing yang pada gilirannya memengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. untuk merinci dan menyajikan pandangan orang yang diteliti secara rinci dan mendalam. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana Kopi Kenangan mengimplementasikan digital marketing dan pengaruhnya terhadap kualitas produk serta daya saing di pasar kopi yang sangat kompetitif. Kemudian, penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber data dan Analisis SWOT sebagai alat tambahan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap objek penelitian. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengelola Kopi Kenangan dalam mengoptimalkan strategi digital marketing untuk meningkatkan kualitas produk, daya saing, dan volume customer purchase order. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi pada pengembangan literatur dalam bidang pemasaran digital, khususnya dalam industri makanan dan minuman. Kata kunci: Implementasi Digital Marketing, kulitas produk, daya saing, pembelian pelanggan

ABSTRAC

This study aims to analyze the implementation of digital marketing in product quality and competitiveness on customer purchase orders at the coffee shop Kopi Kenangan. The development of digital technology has had a significant impact on business marketing strategies, including in the increasingly competitive coffee sector. In this context, digital marketing plays an important role in improving product quality and competitiveness, which in turn affects customer purchasing decisions. This research uses descriptive qualitative with a case study approach. to detail and present the views of the people studied in detail and in depth. This research was conducted to explore how Kopi Kenangan implements digital marketing and its effect on product quality and competitiveness in the highly competitive coffee market. Then, the research uses data source triangulation techniques and SWOT Analysis as an additional tool to identify factors that can affect the object of research. The results of the study are expected to provide insight for Kopi Kenangan managers in optimizing digital marketing strategies to improve product quality, competitiveness, and customer purchase order volume. In addition, this research also contributes to the development of literature in the field of digital marketing, especially in the food and beverage industry. Key words: Digital marketing implementation, product quality, competitiveness, customer purchase


Keywords


digital marketing iplementation, product quality, competitiveness, customer purchase

References


Aditia, A. R. R., Wadud, M., & DP, M. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan

Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal

Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 23–37.

https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i01.4

Amir, F. (2023). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL, PERSEPSI HARGA DAN EKUITAS

MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOPI KENANGAN

PADA MAHASISWA FEB UNAS (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).

Ariani, C. N. S., & Hayu, R. S. (2023). Shopee Affiliate Program: Analysis of Influencer

Content Marketing Strategy on Instagram. SIMAK, 21(02), 202-221.

Aristya, K. N., Galih, S. T., & Prakoso, S. A. (2024). Strategi Optimasi SEO On-Page Dalam

Penulisan Artikel Untuk Meningkatkan Trafik Organik Pada Website ECommerce. Future Academia: The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific

and Advanced, 2(3), 273-279.

Baharuddin, A., & Sudaryanto, B. (2022). Pengaruh store atmosphere terhadap repurchase

decision dan loyalitas konsumen pada coffee shop (Studi pada konsumen Coffee Shop

di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(1).

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui

kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan

(Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu

Sosial, 3(1), 211-224.

Daud, E. P. (2021). Pengaruh Social Media Marketing BagiDigital Marketing. Jurnal

Manajemen, 3-16.

Eka, N., & Sutedjo, B. (2023). Analisis Variasi Produk dan Citra Merek Terhadap

Kepuasan Pelanggan dan dampaknya pada Loyalitas Pelanggan (Studi pada Kopi

Kenangan di Kota Semarang). Jurnal Mirai Management, 8(2), 408–418.

Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh digital marketing, kualitas produk, dan emosional

terhadap kepuasan konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2),

-612.

Faqih, R. A. (2024). Pengaruh Harga, Armosfer Toko, Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk

Terhadap Preferensi Konsumen (Studi tentang Preferensi Konsumen Coffee Shop

DiKecamatan Kersana) (Doctoral dissertation, STIE Bank BPD Jateng).

Fatimah, D., Yunita, T., & Rizki, Y. (2024). Analisis Swot Pada Kopi Kenangan. Neraca

Manajemen, Ekonomi, 5(12).

Fika, S., Salsabilla, W., & Batangriyan, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand

Image Di Pt . Central Global Network. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(September),

–12.

Gifari, M. H., & Handayani, T. (2021). Analisis Keunggulan Bersaing Kopi Kenangan Di

Jakarta Selatan. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1),

-805.

Gunawan, C. B., & Syahputra. (2020). Analisis Perbandingan Pengaruh Store Atmosphere

Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop di Bandung. Volume 20, Nomor 1

November 2020, 51-62

Haji, B. T. (2020). Pengertian Implementasi. LAPORAN AKHIR, 31

Hentz, P. (2017). Overview of case study research. Dalam Chesnay, M. (Eds). Qualitative

designs and Methods in Nursing (pp.1-10). New York: www.springerpub.com

Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi

penelitian. Jurnal Study Kasus, 3(1), 1-13.

Ii, B. A. B. (2017). Nurcahyo, 2018 & Firmanda & Lukiastuti, 2022- Keunggulan dari strategi

ini. 9–28.

Imron, I., Nurhayati, M. S., & Setiani, R. (2018). Perancangan Aplikasi Purchase Order

Berbasis Web Pada PT Intradita Prosimpex Jakarta. Indonesian Journal of Networking

and Security (IJNS), 7(3), 41-48.

Kanta, I. M. D. R., & Artayasa, I. N. (2022). Analisis Tipografi Pada Logo Sprite. Jurnal

Penalaran Riset (Journal of Reasoning Research), 1(02), 130-134.

Khairani, A., Yunita, T., Asri, B., Pradana, Y., Sari, P., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2023).

Pengembangan Analisis SWOT UMKM Kopi Cinta Bekasi. BUSINESS: Scientific

Journal of Business and Entrepreneurship, 1(2), 84–93.

https://journal.csspublishing/index.php/business

Maylista, S., Wijayanto, G., & Noviasari, H. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi

Produk Terhadap Daya Saing dan Kinerja Pemasaran. 01(2), 167–178.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21776/jmppk.2022.01.04

Muplihin, A., Lestari, S. P., & Yuniar, E. S. (2024). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI

DAN INOVASI PRODUK TERHADAP DAYA SAING PADA COFFEE SHOP DI

KOTA TASIKMALAYA. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan

Ekonomi, 8(11), 61-70.

NafiAnalisis’ah, I. (2017). SWOT dan Strategi Keunggulan Bersaing Pada BMT Artha Buana

Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Teknik Membedah Kasus Bisnis,

–90. http://etheses.iainkediri.ac.id/40/

Nurdin, M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Purchase Order Barang Menggunakan

Forecasting Pada Toko Grosir (Studi Kasus: Toko Grosir Hidayah).

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analisis

Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga

Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183-

Perawati, G. N. (2022). PEMBUATAN OTOMATISASI DIGITAL MARKETING

INSTAGRAM YUMAREE COFFEE. Applied Business and Administration

Journal, 1(3).

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan studi kasus sebagai metode

ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126-136.

Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si. 2017. STUDI KASUS DALAM PENELITIAN

KUALITATIF: KONSEP DAN

PROSEDURNYA.http://repository.UINMalang.ac.id.//1104/1/studi-kasusdalampenelitian-kualitatif

Purchase Order Example. (2024). Procure Desk.

https://www.procuredesk.com/glossary/purchase-order-example/

Purchase Orders: All You Ever Need to Know. (2024). Procurify.

https://www.procurify.com/blog/purchase-orders-all-you-need to-know/

Rao, R. (2024). Understanding the Different Types of Purchase Orders. Zluri.

https://www.zluri.com/blog/types-of-purchase-orders

Riswandani, A, & Mahargiono, P. B. (2023). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap

keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening (Studi pada Kopi

Kenangan cabang Manukan, Surabaya). .. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen

(JIRM),12(4).

Safari, D. (2021). Digital Marketing Melalui Optimasti Web dan SEO. AIM STAN, 4.

Sidik, A. (2019). Teori, Strategi, dan Evaluasi Merancang Website dalam Perspektif Desain.

Smith, R. (2020). What is a Purchase Order and How Does It Work? Bench. What is a Purchase

Order and How Does It Work

Suhartanto, D. (2019). Peran Media Sosial dalam Bisnis Kedai Kopi: Membangun Kesadaran

Merek dan Keterlibatan. Journal of Consumer Marketing, 36(6), 678-689.

https://doi.org/10.1108/JCM-03-2019-3146

Syahfitri, M. (2022). Tinjauan Yuridis Perjanjian Jual Beli Berdasarkan Surat Pemesanan

Barang (Purchase Order) Antara PT. Union Confectionery Dengan PT. Industri

Pembungkus (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Tambunan, A. M., Satriadi, N. T., Raya, J. M., & Tambung, P. ANALISIS TIPOGRAFI FONT

PADA LOGOTYPE FACEBOOK.

Tarigan, E., Fauzi, F., Ricy, M., Wandhira, E., & Nofirda, F. (2023). Digital Marketing, Brand

Image and Customer Loyalty at Kopi Kenangan in Pekanbaru. Jurnal Ilmiah

Manajemen Kesatuan, 11(3), 657-668.

Unika Prihatsanti, Suryanto, & Wiwin Hendriani. (2018). MENGGUNAKAN STUDI KASUS

SEBAGAI METODE ILMIAH DALAM PSIKOLOGI. ISSN. Vol. 26, No. 2, 126 – 136

Wenda, D., Kabanga, L., & Labobar, M. W. (2022). Fungsi Bahasa pada Konten Khotbah

Pengkhotbah di Jemaat-Jemaat Lingkungan Kota Klasis Sentani. Diglosia: Jurnal

Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), 793-806.

Wibowo, J. B. 2018. Analisis Perbandingan antara Pendapatan Driver Go-Jek Full Time

dan Upah Minimum Regional Kota Studi Kasus di Kota Yogyakarta, III, 224–




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jdm.v8i1.31210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Doktor Manajemen (JDM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Doktor Manajemen (JDM)
Program Doktor Manajemen - Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats