IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DALAM KUALITAS PRODUK DAN DAYA SAING TERHADAP CUSTOMER PURCHASE ORDER PADA COFFE SHOP KOPI KENANGAN
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi digital marketing dalam kualitas produk dan daya saing terhadap customer purchase order pada coffee shop kopi kenangan. Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan terhadap strategi pemasaran bisnis, termasuk pada sektor kopi yang semakin komprtitif. Dalam konteks ini, digital marketing berperan penting dalam meningkatkan kualitas produk dan daya saing yang pada gilirannya memengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. untuk merinci dan menyajikan pandangan orang yang diteliti secara rinci dan mendalam. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana Kopi Kenangan mengimplementasikan digital marketing dan pengaruhnya terhadap kualitas produk serta daya saing di pasar kopi yang sangat kompetitif. Kemudian, penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber data dan Analisis SWOT sebagai alat tambahan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap objek penelitian. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengelola Kopi Kenangan dalam mengoptimalkan strategi digital marketing untuk meningkatkan kualitas produk, daya saing, dan volume customer purchase order. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi pada pengembangan literatur dalam bidang pemasaran digital, khususnya dalam industri makanan dan minuman. Kata kunci: Implementasi Digital Marketing, kulitas produk, daya saing, pembelian pelanggan
ABSTRAC
This study aims to analyze the implementation of digital marketing in product quality and competitiveness on customer purchase orders at the coffee shop Kopi Kenangan. The development of digital technology has had a significant impact on business marketing strategies, including in the increasingly competitive coffee sector. In this context, digital marketing plays an important role in improving product quality and competitiveness, which in turn affects customer purchasing decisions. This research uses descriptive qualitative with a case study approach. to detail and present the views of the people studied in detail and in depth. This research was conducted to explore how Kopi Kenangan implements digital marketing and its effect on product quality and competitiveness in the highly competitive coffee market. Then, the research uses data source triangulation techniques and SWOT Analysis as an additional tool to identify factors that can affect the object of research. The results of the study are expected to provide insight for Kopi Kenangan managers in optimizing digital marketing strategies to improve product quality, competitiveness, and customer purchase order volume. In addition, this research also contributes to the development of literature in the field of digital marketing, especially in the food and beverage industry. Key words: Digital marketing implementation, product quality, competitiveness, customer purchase
Keywords
References
Aditia, A. R. R., Wadud, M., & DP, M. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan
Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal
Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 23–37.
https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i01.4
Amir, F. (2023). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL, PERSEPSI HARGA DAN EKUITAS
MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOPI KENANGAN
PADA MAHASISWA FEB UNAS (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).
Ariani, C. N. S., & Hayu, R. S. (2023). Shopee Affiliate Program: Analysis of Influencer
Content Marketing Strategy on Instagram. SIMAK, 21(02), 202-221.
Aristya, K. N., Galih, S. T., & Prakoso, S. A. (2024). Strategi Optimasi SEO On-Page Dalam
Penulisan Artikel Untuk Meningkatkan Trafik Organik Pada Website ECommerce. Future Academia: The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific
and Advanced, 2(3), 273-279.
Baharuddin, A., & Sudaryanto, B. (2022). Pengaruh store atmosphere terhadap repurchase
decision dan loyalitas konsumen pada coffee shop (Studi pada konsumen Coffee Shop
di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(1).
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui
kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan
(Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu
Sosial, 3(1), 211-224.
Daud, E. P. (2021). Pengaruh Social Media Marketing BagiDigital Marketing. Jurnal
Manajemen, 3-16.
Eka, N., & Sutedjo, B. (2023). Analisis Variasi Produk dan Citra Merek Terhadap
Kepuasan Pelanggan dan dampaknya pada Loyalitas Pelanggan (Studi pada Kopi
Kenangan di Kota Semarang). Jurnal Mirai Management, 8(2), 408–418.
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh digital marketing, kualitas produk, dan emosional
terhadap kepuasan konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2),
-612.
Faqih, R. A. (2024). Pengaruh Harga, Armosfer Toko, Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk
Terhadap Preferensi Konsumen (Studi tentang Preferensi Konsumen Coffee Shop
DiKecamatan Kersana) (Doctoral dissertation, STIE Bank BPD Jateng).
Fatimah, D., Yunita, T., & Rizki, Y. (2024). Analisis Swot Pada Kopi Kenangan. Neraca
Manajemen, Ekonomi, 5(12).
Fika, S., Salsabilla, W., & Batangriyan, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand
Image Di Pt . Central Global Network. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(September),
–12.
Gifari, M. H., & Handayani, T. (2021). Analisis Keunggulan Bersaing Kopi Kenangan Di
Jakarta Selatan. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1),
-805.
Gunawan, C. B., & Syahputra. (2020). Analisis Perbandingan Pengaruh Store Atmosphere
Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop di Bandung. Volume 20, Nomor 1
November 2020, 51-62
Haji, B. T. (2020). Pengertian Implementasi. LAPORAN AKHIR, 31
Hentz, P. (2017). Overview of case study research. Dalam Chesnay, M. (Eds). Qualitative
designs and Methods in Nursing (pp.1-10). New York: www.springerpub.com
Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi
penelitian. Jurnal Study Kasus, 3(1), 1-13.
Ii, B. A. B. (2017). Nurcahyo, 2018 & Firmanda & Lukiastuti, 2022- Keunggulan dari strategi
ini. 9–28.
Imron, I., Nurhayati, M. S., & Setiani, R. (2018). Perancangan Aplikasi Purchase Order
Berbasis Web Pada PT Intradita Prosimpex Jakarta. Indonesian Journal of Networking
and Security (IJNS), 7(3), 41-48.
Kanta, I. M. D. R., & Artayasa, I. N. (2022). Analisis Tipografi Pada Logo Sprite. Jurnal
Penalaran Riset (Journal of Reasoning Research), 1(02), 130-134.
Khairani, A., Yunita, T., Asri, B., Pradana, Y., Sari, P., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2023).
Pengembangan Analisis SWOT UMKM Kopi Cinta Bekasi. BUSINESS: Scientific
Journal of Business and Entrepreneurship, 1(2), 84–93.
https://journal.csspublishing/index.php/business
Maylista, S., Wijayanto, G., & Noviasari, H. (2022). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi
Produk Terhadap Daya Saing dan Kinerja Pemasaran. 01(2), 167–178.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21776/jmppk.2022.01.04
Muplihin, A., Lestari, S. P., & Yuniar, E. S. (2024). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI
DAN INOVASI PRODUK TERHADAP DAYA SAING PADA COFFEE SHOP DI
KOTA TASIKMALAYA. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan
Ekonomi, 8(11), 61-70.
NafiAnalisis’ah, I. (2017). SWOT dan Strategi Keunggulan Bersaing Pada BMT Artha Buana
Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Teknik Membedah Kasus Bisnis,
–90. http://etheses.iainkediri.ac.id/40/
Nurdin, M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Purchase Order Barang Menggunakan
Forecasting Pada Toko Grosir (Studi Kasus: Toko Grosir Hidayah).
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analisis
Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga
Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183-
Perawati, G. N. (2022). PEMBUATAN OTOMATISASI DIGITAL MARKETING
INSTAGRAM YUMAREE COFFEE. Applied Business and Administration
Journal, 1(3).
Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan studi kasus sebagai metode
ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126-136.
Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si. 2017. STUDI KASUS DALAM PENELITIAN
KUALITATIF: KONSEP DAN
PROSEDURNYA.http://repository.UINMalang.ac.id.//1104/1/studi-kasusdalampenelitian-kualitatif
Purchase Order Example. (2024). Procure Desk.
https://www.procuredesk.com/glossary/purchase-order-example/
Purchase Orders: All You Ever Need to Know. (2024). Procurify.
https://www.procurify.com/blog/purchase-orders-all-you-need to-know/
Rao, R. (2024). Understanding the Different Types of Purchase Orders. Zluri.
https://www.zluri.com/blog/types-of-purchase-orders
Riswandani, A, & Mahargiono, P. B. (2023). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening (Studi pada Kopi
Kenangan cabang Manukan, Surabaya). .. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen
(JIRM),12(4).
Safari, D. (2021). Digital Marketing Melalui Optimasti Web dan SEO. AIM STAN, 4.
Sidik, A. (2019). Teori, Strategi, dan Evaluasi Merancang Website dalam Perspektif Desain.
Smith, R. (2020). What is a Purchase Order and How Does It Work? Bench. What is a Purchase
Order and How Does It Work
Suhartanto, D. (2019). Peran Media Sosial dalam Bisnis Kedai Kopi: Membangun Kesadaran
Merek dan Keterlibatan. Journal of Consumer Marketing, 36(6), 678-689.
https://doi.org/10.1108/JCM-03-2019-3146
Syahfitri, M. (2022). Tinjauan Yuridis Perjanjian Jual Beli Berdasarkan Surat Pemesanan
Barang (Purchase Order) Antara PT. Union Confectionery Dengan PT. Industri
Pembungkus (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Tambunan, A. M., Satriadi, N. T., Raya, J. M., & Tambung, P. ANALISIS TIPOGRAFI FONT
PADA LOGOTYPE FACEBOOK.
Tarigan, E., Fauzi, F., Ricy, M., Wandhira, E., & Nofirda, F. (2023). Digital Marketing, Brand
Image and Customer Loyalty at Kopi Kenangan in Pekanbaru. Jurnal Ilmiah
Manajemen Kesatuan, 11(3), 657-668.
Unika Prihatsanti, Suryanto, & Wiwin Hendriani. (2018). MENGGUNAKAN STUDI KASUS
SEBAGAI METODE ILMIAH DALAM PSIKOLOGI. ISSN. Vol. 26, No. 2, 126 – 136
Wenda, D., Kabanga, L., & Labobar, M. W. (2022). Fungsi Bahasa pada Konten Khotbah
Pengkhotbah di Jemaat-Jemaat Lingkungan Kota Klasis Sentani. Diglosia: Jurnal
Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), 793-806.
Wibowo, J. B. 2018. Analisis Perbandingan antara Pendapatan Driver Go-Jek Full Time
dan Upah Minimum Regional Kota Studi Kasus di Kota Yogyakarta, III, 224–
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jdm.v8i1.31210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Doktor Manajemen (JDM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Doktor Manajemen (JDM)
Program Doktor Manajemen - Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats