SURVEI KUALITAS PELAYANAN PEMILU SERENTAK 2019 DI KELURAHAN BANDULAN KOTA MALANG SEBAGAI BAHAN EVALUASI BERBASIS RISET BAGI KPPU

catharina aprilia hellyani

Abstract


KPPS Kelurahan Bandulan berada di bawah Kecamatan Sukun, merupakan salah satu KPPS yang berada di Kotamadya Malang yang dibentuk berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Malang No. 47/HK.03.2-Kpt/3573/KPU-kot/III/2019. Tingkat kualitas layanan perlu diukur untuk mengetahui seberapa baik layanan dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. Kualitas Pelayanan Pemilu 2019 diukur dengan dimensi TERRA yaitu tangibility, emphaty, responsiveness, reliability, dan assurance dengan skala pengukuran likert. Pengolahan data secara deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar responden sangat setuju dengan pernyataan kualitas layanan terkait dimensi TERRA. Hasil pengukuran menunjukkan kualitas layanan TPS 42 dan 43 masuk ke dalam skala rentang tinggi. Ini menunjukkan bahwa kualitas layanan pada TPS 42 dan 43 sangat baik dan memenuhi panduan KPPS sehingga patut dijadikan panutan bagi TPS yang lain.


Keywords


kualitas layanan pemilu; tangibility; emphaty; responsiveness; reliability; assurance

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung: Alfabeta

Gorantokan, Eduard O.B (2014). Kualitas Kerja Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara pada Penyelenggaraan Pemilu Legislatif di Kabupaten Lembata Tahun 2014. Jurnal Politik Unsrat, No. 1.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (2019). Panduan Pelaksanaan Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS Pemilu 2019.

Lupiyoadi (2001) Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta.

Minarsih, S., dan Sutrischastini (2016). Analisis Kualitas Pelayanan dalam Pelaksanaan Tera dan Tera Ulang Alat Ukur, Timbang, Takar dan Perlengkapannya (UTTP) pada Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan. Jurnal Riset Manajemen, Vol 3 No. 2, pp.159-173.

Rambat, Lupiyoadi (2001), Manajemen Pemasaran Jasa; Teori dan Praktek, Jakarta: PT. Salemba Empat.

Randy, F. (2017), Studi Deskriptif Kepuasan Pelanggan Shopa Room Boutique di Surabaya. AGORA, Vol 5 No. 1.

Raharjo,S.(2019). Cara Mengajukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS. Diambil 28 Oktober 2020, dari https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-reliabilitas-alpha-spss.html.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tjiptono, F. (2006). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Woro,M dan Farida (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Bus Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 2 No.1.

Yuvalianda (2020), Tutorial Analisis Deskriptif dengan Excel (Lengkap). Diambil 25 Oktober 2020, dari https://yuvalianda.com/analisis-deskriptif-excel/.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v1i1.11493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Fundamental Management (JFM)