PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Paket IndiHome Jakarta Timur)

amelia putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian”. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi dari penelitian ini yaitu pengguna indihome Jakarta Timur. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 165 responden yaitu pengguna indihome Jakarta Timur sebagai sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling atau convenience sampling. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala likert yang kemudian diolah dengan alat analisis SPSS 26 dan Smart Pls 3.3.9. Teknik yang digunakan dalam pengujian data adalah uji instrumen dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,416). Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,234). Citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,002) .
Kata kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Citra Merek , Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amron. (2018). Arlin, R.D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen Laptop Asus. Jurnal Indonesia Membangun 17 (2), 174-183.

Arief, M. (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan

Penggunaan Jasa pada PT. Pos Indonesia (Persero) Perdagangan Kec. Bandar Kab.

Simalungun. Universitas Sumatera Utara. Repositori Institusi USU

http://repositori.usu.ac.id

Arslan, M., & Phil, M. (2014). Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer

Purchase Intention: A Study of Retail Store in Pakistan. Research on Humanities and

Social Sciences. 4 (22), 98-107.

Assauri. (2015). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Beneke, J., & Zimmerman, N. (2014). Beyond Privat Label Panache : The Effect of Store

Image And Perceived Price on Brand Prestige. Journal of Consumer Marketing.

(4), 301 – 311

CCNIndonesia. (2020, April 09). Pengguna Internet Kala WFH Corona Meningkat

Persen di RI. Diambil kembali dari

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200408124947-213-

/pengguna-internet-kala-wfh-corona-meningkat-40-persen-di-ri

Fauziyah. (2019). Pengaruh Periklanan, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Pada Restoran Cepat Saji Mcdonald .

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid19.

Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 02(02), 81-89.

Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya

Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, 01(03),

-283.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least

Squares (PLS) Dilengkapi Software SmartPLS 3.0. Xlstat 2014 Dan WarpPLS 4.0.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2016). A primer on partial least

squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage publications.

Haryoko, M. F. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan

Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Cabang Cikokol

Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif 2 (2), 280-286.

Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Buku I, Cetakan Kedua.

Ilham, D. A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Keputusan Pembelian Melalui Situs Online Store Lazada Sebagai E-Commerce

Terpercaya Di Indonesia. Jurnal Economic 1 (5), 1-13.

JakPat. (2021, Maret 21). Konsumsi Internet di Indonesia Meningkat saat Pandemi Corona.

Diambil kembali dari

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/10/konsumsi-internetdi-indonesia-meningkat-saat-pandemi

corona?utm_source=Direct&utm_medium=Homepage&utm_campaign=B

IG%20HL%20Slide%201

Jatmiko, L. D. (2020). IndiHome Jadi Favorit Indonesia Kalahkan First Media Versi

APJII.Diambil kembali dari Bisnis.com:

https://teknologi.bisnis.com/read/20201110/101/1315964/indihome-jadifavorit-indonesia-kalahkan-first-media-versi-apjii.

Jeniver, P. (2020). Pengaruh Brand Image, Instagram Advertising Media Dan Product Quality

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Di Blend Coffe Padang. Jurnal Teknik

Industri 5 (12), 11-19.

Jonianto, S. D. (2016). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan

Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas .

Kasmir & Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis (Edisi Kedua, Vol. 6). Jakarta: Kencana.

Kompas.com. (2020, April 10). Tanggapi Keluhan Jaringan IndiHome Lambat Saat Work

from Home, Ini Jawaban Telkom. Diambil kembali dari

https://amp.kompas.com/tren/read/2020/04/10/115855865/tang

Kotler, P. & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L., (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson

Education,Inc.

Kotler, Philip, Keller., & Kevin Lane. (2013). Marketing Management : Fourteenth Edition,

New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Lupiyoadi, & Hamdani. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat.

Malik, H. R. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan

Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia.Com di Jakarta Pusat. Jurnal Revormasi

Administrasi 3 (1), 114-125.

Manengal, C. D. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Penetapan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv. Esa Genangku (Esacom) Manado. Jurnal

riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akutansi 3 (3), 1254-1264

Masyhuri. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Promosi

Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Lenovo Journal of Business and Management

(5), 1-13.

Maulana. (2015). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Capai 88,1 Juta, Liputan 6.com, 26

Maret 2015.

Mertayasa, H. M. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan 8nTerhadap

Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Di Situs Traveloka.Com Pada

Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Humaniora

Univeritas Dhyana Pura Bali. 13 (1), 63-73.

Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social &

Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-

-8.92001-4

Pramesti, S. N. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Keamanan Terhadap

Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tokopedia.com). Jurnal Manajemen Bisnis

Indonesia 4 (3), 1-10.

Qaswa. (2019). The Impact Of emotional Advertising on Consumer Purchase Behaviour in

Indonesia . Journal of Managerial Studies and Research. 5 (12), 11-19.

Rangkuti., & Freddy. (2010). Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Puataka

Utama.

Ratih. (2020, August 17). Mengenal Kualitas Pelayanan Secara Lengkap. Diambil kembali

dari https://tambahpinter.com/kualitas-pelayanan/

Rusdy. (2016). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli All New Yaris

(Studi Di Toyota AUTO 2000 Waru Sidoarjo). Jurnal Ilmu Manajemen, 04 (02),

-51.

Sanusi, A. (2011). Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior, 11th ed. Harlow: Pearson

Education Limited.

Shimp., & Terence A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi

Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Sondakh., & Conny. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya Terhadap

Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus

BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(01), 2014:19-32.

Universitas Sam Ratulangi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,

CV.

Swa. (2016) TelkomGroup Raih Penghargaan Top IT dan Telco 2016. [Online] Telkom

Indonesia. (2017). About Telkom. www.telkom.co.id. 11 Februari 2017.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. CV Andi.

Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Utama, A. P. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa dengan Kepuasan Pelanggan Di RS Husada

Jakarta. Jurnal Ekonomi, 21(01), 130-142.

Utama, A.P., Kosasih., & Trisnawati, N. (2021). The Influence of Customer Value and Brand

Image on The Loyality of Nissan Car Users, And Satisfaction as A Mediating

Variable. Dinasti International Journal of Management Science, 2 (5), 741-750.

Wartaekonomi. (2020, April 13). Pengguna IndiHome Meningkat Selaras dengan Adanya

Program Bekerja dan Belajar dari Rumah. Diambil kembali dari

https://amp.wartaekonomi.co.id/berita280764/pengguna-indihomemeningkat-selaras-dengan-adanya-program-bekerja-dan-belajar-dari- rumah

Weenas, J. R. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya

Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi,

Manajemen, Bisnis dan Akutansi, 1 (4), 23-32.

Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1. PT Indeks, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v1i3.17629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Fundamental Management (JFM)