PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, PERILAKU KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) DI DKI JAKARTA (Studi pada Pengguna Fintech DANA di DKI Jakarta)

Tasya Andini Putri

Abstract


Salah satu perkembangan teknologi terkini di Indonesia adalah Financial Technology (Fintech). Di era teknologi modern saat ini penggunaan uang dalam bentuk fisik sudah mulai tersingkirkan dengan teknologi yang lebih modern yaitu dompet digital. Fintech payment menawarkan metode teknologi keuangan yang
mudah, praktis serta efisien. Fintech juga dipandang sebagai pasar baru yang mengintegrasikan keuangan dan teknologi dan menggantikan struktur keuangan tradisional dengan proses berbasis teknologi baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengetahuan keuangan, perilaku keuangan dan sikap keuangan terhadap keputusan pengguna financial technology (Fintech) di DKI Jakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu masyarakat DKI Jakarta yang berumur 18-43 tahun sebanyak 4,327,942 jiwa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 pengguna fintech DANA di DKI Jakarta, yang ditentukan berdasarkan rumus hair et al. Metode pengambilan sampel menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Assosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling dengan menggunakan accidental sampling. Metode analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan keuangan, perilaku keuangan dan sikap keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna financial technology DANA di DKI Jakarta.


Keywords


Pengetahuan Keuangan, Perilaku Keuangan, Sikap Keuangan, Keputusan Pengguna Financial Technologi (Fintech), Dana.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v3i1.17679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Fundamental Management (JFM)