PENGARUH BEBAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI YANG DI MEDIASI STRES KERJA DAN PENGARUH BURNOUT TERHADAP PERILAKU CYBERLOAFING (STUDI PADA PT VALDO SUMBER DAYA MANUSIA CABANG TANGERANG)

Bunga Nurosalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Beban Kerja dan Komitmen Organisasi yang di Mediasi Stres Kerja dan Pengaruh Burnout terhadap Perilaku Cyberloafing di PT Valdo Sumber Daya Mandiri cabang Tangerang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM dan pengolahan data menggunakan Smart-PLS. Populasi karyawan tetap PT Valdo Sumber Daya Mandiri cabang Tangerang dengan sampel 25 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Beban Kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Perilaku Cyberloafing, Komitmen berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Perilaku Cyberloafing, Burnout berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Cyberloafing, Beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Stres Kerja, Komitmen Organisasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Stres Kerja, Stres Kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Perilaku Cyberloafing, Beban Kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Perilaku Cyberloafing yang tidak dimediasi Stres Kerja, dan Komitmen Organisasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Perilaku Cyberloafing yang tidak dimediasi Stres Kerja.


Keywords


Beban Kerja, Komitmen Organisasi, Burnout, Perilaku Cyberloafing, dan Stres Kerja

Full Text:

PDF

References


Meilinda, T. (2017). Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi terhadap Kepuasan. Repository Darmajaya.

Noratika, Ardilasari., & Firmanto, Ari. (2017). Hubungan Self Control dan perilaku Cyberloafing pada Pegawai Negeri Sipil. Malang : Jurnal ilmiah psikologi terapan. Vol. 05, No 1.

Pane, Shintia, M. (2017). Hubungan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasi pada Karyawan Bank BNI Kanwil Medan. Skripsi. Universitas Medan Area.

Puspawardani, Siska. (2019). Pengaruh Regulasi Diri, Stres Kerja, dan Keadilan Organisasi Terhadap Perilaku Cyberloafing Pada Aparatur Sipil Negara. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Priansa, Donni, J. (2014). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Riandy. (2016). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Borneo Laboratorium Inspeksi Dan Surveyor Service di Samarinda. E-Journal Administrasi Bisnis, Vol. 4, No. 4.

Tarwaka. (2015). Ergonomi Industri (Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomic Dan Aplikasi Ditempat Kerja). Surakarta: Harapan Press.

Tjahyono, Amelia., & Victoria, Cindy Christanto. (2017). Jurnal. Program Manajemen Perhotelan. Program Studi. Manajemen. Universitas Kristen Petra.

Tri Windari, Cahyani. (2019). Work-Family Dengan Burnout Pada Polisi Wanita Aktif Di Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Psikologi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v4i2.18484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Fundamental Management (JFM)