PENGARUH GREEN LABEL, GREEN PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TUPPERWARE DI JABODETABEK

Salman Ari Saputra, Erna Sofriana Imaningsih

Abstract


Di era modern, meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan dan isu keberlanjutan telah mendorong konsumen untuk lebih selektif dalam memilih produk yang ramah lingkungan. Salah satu strategi pemasaran yang muncul dari kesadaran ini adalah green marketing, yaitu pendekatan pemasaran yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga mempertimbangkan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. Strategi ini muncul seiring dengan meningkatnya kasus pemanasan global dan kerusakan lingkungan yang mendorong konsumen untuk lebih sadar dalam pola konsumsi sehari-hari. Hal ini kemudian memunculkan perilaku green consumer behaviour, yaitu sikap konsumen dalam memilih produk yang aman bagi tubuh dan ramah lingkungan (Imaningsih et al., 2020). Di sisi lain, masyarakat dan komunitas pemerhati lingkungan kini juga mulai mengamati praktik pemasaran yang dijalankan pelaku usaha (Dewi et al., 2018), termasuk penggunaan green label sebagai penanda produk yang bertanggung jawab secara ekologis. Mengacu pada data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, total timbulan sampah di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 19,45 juta ton, dengan sampah plastik menempati urutan kedua terbanyak sebesar 18,55%. Kondisi ini menjadi pengingat pentingnya peran green marketing dalam mendorong konsumen beralih ke produk berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Sabilla, R. (2022). Pengaruh Eco-Label terhadap Green Purchase. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 1487-1498.

Sani Yulianti, T. A. (2024). Pengaruh Product Knowledge, Green Product Persepsi Harga. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Vol 9, No 2 (2024), 1172-1180.

Setyani, G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia. JURNAL ILMIAH MAHASISWA MANAJEMEN UNSURYA, 92-102.

Silaban, S. (2021). The Effect of Green Marketing on Purchase Decisions and Brand Image as Intervening Variables. International Journal of Research and Review, 159-168.

Sofwan, W. (2021). Pengaruh Green Product Dan Green Price Terhadap Keputusan Pembelian. e-Proceeding of Managemen, 6054-6065.

solihin, A. &. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 262-270.

Suci Ramasiah, R. G. (2024). Pengaruh Kualitas Website Tupperwareshop dan Inovasi ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. J-CEKI : Jurnal CendekiaIlmiahVol.3, No.6,Oktober2024, 5835-5842.

Suparni, T. D. (2021). PengaruhGreenMarketing, BrandAwarenessDanPrice TerhadapPurchaseIntention Tupperware. Jurnal Bisnis Dan ManajemenVol8,No2(2021), 1-10.

Suwastiari, A. (2021). Pengaruh Green Marekting, Kualitas Produk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffee Di Denpasar. Jurnal Emas, 11-20.

Winarni, R. S. (2024). The influence of green products on green purchase intention mediated by green brand awareness. International Journal of Applied Finance and Business Studies, 44-51.

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.6 , NO. 2, NOVEMBER 2017, 798-807.

Yuwanti, S. I. (2023). GREEN PRODUCT QUALITY, GREEN BRAND IMAGE, E-WOM Vol. 2, No. 9, September 2023 . Jurnal Impresi Indonesia (JII), 871-883.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v5i2.33665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Journal of Fundamental Management (JFM)