Perancangan Dan Pembuatan Halaman Admin Sistem Informasi Surat Tugas di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Menggunakan Kerangka Kerja Laravel

M. Gesit Alifandi, Agung Budi Prasetijo, Adnan Fauzi

Abstract


Pada era digital 4.0 ini, masih terdapat proses pembuatan dan perizinan surat tugas yang dilakukan oleh dosen dan staf secara manual. Proses pembuatan nomor surat, perizinan ke Ketua Departemen, Supervisor, dan Wakil Dekan masih dilakukan secara manual. Selain itu, belum adanya peranan seorang admin dalam mengelola data pengguna dan data surat dikarenakan sistem masih dikerjakan secara manual. Hal tersebut masih memiliki beberapa kekurangan seperti kurangnya efisiensi dalam pengerjaan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem informasi yang diharapkan dapat membantu proses perizinan surat tugas dan pengelolaan data pengguna maupun data surat. Dalam hal ini, Penulis membuat sistem informasi yang dikhususkan untuk seorang admin agar dapat mengelola data pengguna yang terlibat maupun data surat di dalam sistem informasi tersebut. Sistem Informasi Surat Tugas pada halaman admin ini dikembangkan menggunakan metode Waterfall karena memberi kemudahan dalam perancangan sistem informasi dengan pendekatan yang sistematis. Pengembangan Sistem Informasi Surat Tugas ini dirancang menggunakan kerangka kerja Laravel karena memiliki konsep MVC (Model, View, Controller) yang mempermudah developer dalam mengembangkan sebuah website . Sistem Informasi Surat Tugas yang telah dinyatakan selesai, diuji menggunakan metode black-box. Berdasarkan hasil pengujian black-box, sistem dapat berjalan dengan baik sesuai perancangan sistem yang telah dibuat.


Keywords


Sistem Informasi, Laravel, Black-box, admin, waterfall.

Full Text:

PDF

References


Damanik, B. (2021). Rancangan Sistem Informasi Smp Negeri 1 Tuhemberua Kabupaten Nias Utara Menggunakan Php Codeigniter. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 6(1), 6-15.

Geniusa, A., & Samopa, F. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Perjalanan Dinas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (SIPD-Kanwil DJPBN). Jurnal Teknik ITS, 2(2), A366-A370.

Prabowo, I. H., & Kurniawan, A. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pengarsipan Surat Dan Disposisi (Apsd) Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Kantor Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Madiun). Jurnal Manajemen Informatika, 11(1).

Widiyanto, W. W. (2018). Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad). Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 34-40.

Wardana, S. H. (2010). Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter. Elex Media Komputindo.

Sari, D. P., Wijanarko, R., & Tengah, J. M. (2020). Implementasi Framework Laravel pada Sistem Informasi Penyewaan Kamera (Studi Kasus di Rumah Kamera Semarang). J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 32.

Banjarnahor, B. B., & Hartomo, K. D. (2016). Penerapan Laravel Framework Dalam Perancangan Sistem Informasi Promosi Produk Unggulan UKM Berbasis Web (Studi Kasus Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Kota Salatiga). Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, 1-27.

Karnyoto, A. S. (2014). Analisis Perbandingan Optimasi Kecepatan Yii Framework dan Laravel. Journal Dynamic Saint, 1(2).

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30-37.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.v6i2.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats