Optimasi Biaya Konstruksi dengan Penggunaan Beton Mutu Lebih Tinggi untuk Percepatan Pelaksanaan Pekerjaan Jembatan

Hinawan Teguh Santoso

Abstract


Abstract

The construction of bridge is often constrained by environmental factors, one of which is flooding. Kaligawe Bridge is located across the Banjir Kanal Timur (BKT) of Semarang City. In December 2018 to March 2019 there was an increase in rainfall which resulted in flooding at BKT which delayed the work of bridge construction. The demolition work on the existing pillars began in December 2018 and is targeted to be completed in February 2019 due to flooding. In addition, the actual depth of the original design pillar is -3.50 meters in the field became -8.00 meters below normal water level, so that the demolition can only be completed on May 31, 2019. From the 3 month delay, the remaining time for completion of 2 bridges until the end of December 2019 is only 7 months left. Therefore, an acceleration strategy is needed to meet the completion target. One strategy is to accelerate the concrete curing time for pillar and floor by increasing the the designed concrete strength fc’ = 30 MPa to strength fc’ = 35 MPa. Thus, the curing time of concrete pillars and decks that were originally 21-28 days theoretically could be accelerated to less than 7 days. The use of higher concrete strength as a step to accelerate the concrete curing time is considered effective, with the potential for cost optimization of 2.90% of the contract value.

 

Key words: higher concrete strength, curing time, concrete, bridge

 

­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­Abstrak

Pelaksanaan pekerjaan jembatan seringkali terkendala oleh faktor lingkungan, dimana salah satu diantaranya adalah banjir. Jembatan Kaligawe terletak melintas di atas Banjir Kanal Timur (BKT), Kota Semarang. Pada bulan Desember 2018 hingga Maret 2019 terjadi kenaikan intensitas hujan sehingga mengakibatkan banjir kiriman di BKT yang menghambat pelaksanaan pekerjaan. Pekerjaan pembongkaran pilar eksisting mulai dilaksanakan bulan Desember 2018 dan ditargetkan selesai bulan Februari 2019 terkendala akibat banjir. Selain itu, kedalaman eksisting pilar rencana semula -3.50 meter aktual di lapangan menjadi -8.00 meter di bawah muka air normal, sehingga pembongkaran baru dapat diselesaikan pada 31 Mei 2019. Dari keterlambatan 3 bulan tersebut, maka sisa waktu untuk penyelesaian untuk 2 buah jembatan sampai akhir Desember 2019 tinggal tersisa 7 bulan. Oleh karena itu, diperlukan strategi percepatan untuk dapat memenuhi target penyelesaian. Salah satu strategi yaitu percepatan waktu tunggu umur beton pilar dan plat lantai dengan menaikkan mutu beton rencana fc’ = 30 Mpa menjadi mutu beton fc’ = 35 Mpa. Dengan demikian, waktu tunggu umur beton pilar dan plat lantai yang semula 21-28 hari secara teori dapat dipercepat kurang dari 7 hari. Penggunaan mutu beton lebih tinggi sebagai langkah percepatan waktu tunggu umur beton dirasa efektif, dengan potensi optimasi biaya sebesar 2,90 % terhadap nilai kontrak.

 

Kata kunci: mutu beton lebih tinggi, waktu tunggu, beton, jembatan

References


BBPJN VII Semarang, (2019), “Harga Satuan Dasar Pekerjaan Konstruksi Zona Jawa Tengah dan DI Yogyakarta”, Semarang.

Binamarga, (2018), “Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan Revisi 1”. Jakarta.

BSN, (2011), “SNI 1974:2011 tentang Cara Uji Kuat Tekan Beton Dengan Benda Uji Silinder”, Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum, (1990), “SK SNI T-15-1990-03 Tentang Tata Cara Rencana Pembuatan Campuran Beton Normal”. Jakarta.

PPK 3.6 Provinsi Jawa Tengah, (2018), “Dokumen Kontrak Paket Penggantian Jembatan Kaligawe, Cs”, Semarang.

PPK 3.6 Provinsi Jawa Tengah, (2018), “Laporan Hasil Uji Kuat Tekan Beton Paket Penggantian Jembatan Kaligawe, Cs”, Semarang.

PPK 3.6 Provinsi Jawa Tengah, (2018), “Shop Drawing Paket Penggantian Jembatan Kaligawe, Cs”, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jrs.2020.v09.i2.02

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rekayasa Sipil

JURNAL REKAYASA SIPIL
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2252-7699
e-ISSN: 2598-5051
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/JRS

email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

.