Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol
Abstract
Standar Pelayanan Minimal jalan tol sangat diperlukan untuk menjamin tercapainya kenyamanan, kelancaran, dan keselamatan berlalu lintas bagi pengguna jalan tol. Standar Pelayanan Minimal yang mengacu kepada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 16/PRT/M/2014 berlaku untuk seluruh jalan tol di Indonesia. Monitoring dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal jalan tol ini sudah dilakukan secara rutin, namun masih banyak ditemukan beberapa indikator yang belum dipenuhi oleh Badan Usaha Jalan Tol. Penelitian ini bertujuan mencari tahu hubungan kinerja SPM terhadap kepuasan pengguna jalan tol di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil kuisioner yang dilakukan pada 14 ruas jalan tol pada tahun 2021. Tingkat kepuasan pengguna tertinggi adalah Petunjuk Jalan (perambuan, marka jalan, guide post/reflektor, patok kilometer, dan patok hektometer) dengan rata-rata skor skala Likert (4,058), kemudian disusul oleh Kebersihan (4,006), dan Kecepatan Transaksi Rata-rata (3,904). Tiga indikator SPM jalan tol dengan tingkat kepuasan pengguna paling adalah Toilet pada TI dan TIP dengan rata-rata skor skala Likert (3,431), kemudian disusul oleh Jumlah Antrian Kendaraan (di Gardu Tol) (3,532), dan On/Off Ramp pada TI dan TIP (3,562).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfons, Matius. "Ada Proyek Galian, Lalin Jalan TB Simatupang Macet Parah!". detikcom. Diakses tanggal 2022-07-27.
Donald Banjarnahor (2020). Tarif Sudah Ditetapkan, Tol Terpeka Gratis Sampai Awal 2020 (cnbcindonesia.com)
Hamonangan (2021). Pembangunan Jalan Tol:Dari Target 947 Km, Capaian Hanya 511 Km di 2022 (bisnis.com)
Ihsan (2022). Awal 2022, pengguna jalan tol di 40 ruas ini tidak perlu berhenti untuk bayar tol (kontan.co.id) Awal 2022, pengguna jalan tol di 40 ruas ini tidak perlu berhenti untuk bayar tol (kontan.co.id)
Khumaini (2022). Kemacetan dan lubang menghantui pengendara Jalan Tol Jakarta-Cikampek – ANTARA News Megapolitan
Makmur, A., & Rajagukguk, R. P. (2015). Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol. Jurnal Transportasi, 15(2), 107–114
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol. Jakarta
Rahman, Q. R. (2013). Studi Faktor-Faktor Berpengaruh Terhadap Frekuensi Perjalanan Berbelanja Ke Pasar Tradisional Berbasis Structual Equation Modeling (SEM). Universitas Hasanuddin.
Sidik (2022). Ramai Tarif 30 Ruas Tol Naik Tahun 2022, Ini yang Terdekat (cnbcindonesia.com)
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jrs.2023.v12.i2.03
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rekayasa Sipil
JURNAL REKAYASA SIPIL
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2252-7699
e-ISSN: 2598-5051
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/JRS
email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.