Smart Sistem DAT (Detecting Anti Thief) Kendaraan Motor Dengan Fitur HMI Berbasis Android

Yayu Lestari, Julpri Andika

Abstract


Sistem keamanan kendaraan pada umumnya hanya menggunakan alarm konvensional yang hanya mengeluarkan bunyi apabila kendaraan bermotor dibobol paksa. Hal ini dinilai kurang efektif karena tidak bisa memberi informasi langsung ke pemilik kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat keamanan kendaraan bermotor yang dikendalikan dari telepon genggam berbasis android dan dapat diketahui posisinya. Media yang digunakan untuk komunikasi antara telepon genggam dan perangkat yang dipasang pada kendaraan bermotor adalah SMS. Mikrokontroler akan mengirim SMS mengenai kondisi kendaraan ke telepon genggam pemilik melalui modul GSM. Sebuah sistem alarm berupa panggilan telepon yang dapat secara langsung memberitahu pemilik kendaraan bermotor tentang perubahan kondisi sepeda motornya. Jika mematikan kendaraan maka mikrokontroler mengeluarkan sinyal ke relay untuk memutus jalur pada CDI sepeda motor sehingga mesin sepeda motor mati. Penggunaan Modul GPS posisi kendaraan dapat dipantau dengan kordinat yang dikirimkan dan terintegrasi dengan Google Map. Perancangan aplikasi user interface berbasis android dibuat menggunakan App Inventor. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa aplikasi user interface berbasis android dapat menampilkan status kendaraan yang dikirim dari alat. Rata-rata waktu respon alat untuk kondisi kendaraan saat  ON = 12.15 detik dan saat OFF = 11.47 detik, posisi kendaraan adalah 15.8 detik,  informasi Alarm kendaraan = 1.08 detik, dan Alarm Telepon = 20.25 detik, matikan kendaraan dari telepon pemilik adalah 3.3 detik. Dari perbandingan koordinat kendaraan pada Google Map dengan lokasi sebenarnya dapat disimpulkan bahwa koordinat kendaraan dapat memberikan posisi kendaraan dengan benar.

Full Text:

PDF

References


C. Julianto dan J. Andika, “Rancang Bangun Sistem Pengendali Lacak Posisi Sepeda Motor”, Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana, Vol. 10, No. 1, pp. 50-61, 2019

A. Rian, T. Dedi, dan Suhardi, “Rancang bangun sistem pelacak kendaraan bermotor menggunakan GPS dengan antarmuka website”. Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, Vol. 5, No.3, 2017.

Kurniawan dan Herlinawati, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Kendaraan Bermotor Berbasis GPS (Global Positioning System) dan Koneksi Bluetooth”, Electrician: Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro,Vol. 11, No. 3, 2017.

P. Dendy, D. F. Eko, A. H. Denisson, M. Tri, F. Umi, dan W. A. Raih, “ Sistem Keamanan Ganda pada Sepeda Motor untuk Pencegahan Pencurian dengan SMARTY (Smart Security)”, Khazanah informatika: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Informatika, Vol. 3 No. 1. 2017.

W. Sulistyo, B. K. Samuel, H. P. Andi, P. Hendra dan R. A. Rifkah, “Sistem Pengaman dan Pelacak Kendaraan Bermotor Menggunakan GPS dan SMS”. Jurnal Teknik Elektro Terapan, ISSN : 2252-4908 Vol. 3, No. 1, 2014.

H. Muchtar B. Firdaus, “Perancangan Sistem Keamanan Tambahan Pada Kendaraan Sepeda Motor Berbasis Aplikasi Android dengan Menggunakan Mikrokontroller”. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, p- ISSN : 2407 – 1846, e-ISSN : 2460 – 8416.

S. S. Yosephat, P. Hartono dan G. Albert, “Sistem Pelacakan dan Pengamanan Kendaraan Berbasis GPS dengan Menggunakan Komunikasi GPRS”. Jurnal Ilmiah Widya Teknik. ISSN 1412-7350, Vol. 13, No. 1, 2014

Yuliza dan J. Sujatmoko, “Perancangan Pemodelan Kontrol Sistem Keamanan Perumahan Melalui Jaringan GSM”. Jurnal Teknologi Elektro. ISSN: 2086-9479 Vol. 8, No. 2, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jte.v10i2.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Teknologi Elektro

Publisher Address:
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
Email: [email protected]
Website of Electrical Engineering
http://teknikelektro.ft.mercubuana.ac.id

p-ISSN : 2086-9479
e-ISSN : 2621-8534
Jurnal URL : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jte
Jurnal DOI: 10.22441/jte

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is indexed by: