Perancangan Prototipe Indikator Kapasitas Penyimpanan Level Tangki Minyak Dengan Sensor Ultra Sonic, DHT11, dan MQ-2 Secara Digital Berbasis Arduino Uno R3

Abdul Mubarak, Dafid Imam Al’ Farisi, David David, Richardo Limbung Masiku

Abstract


Pada rangkaian perancangan prototype kapasitas penyimpanan level tangki minyak dengan sensor Ultra Sonic, DHT11, dan MQ-2 secara digital berbasis Arduino yang kami buat ini menggunakan bak air sebagai pengganti tangki minyak dan tiga sensor dengan sistem prototype indikator penyimpanan pada tangki minyak ini berkerja berdasarkan kondisi tangki yang digunankan di karenakan tiga sensor tersebut harus dikalibrasi dahulu sebelum digunakan untuk mendapatkan hasil indikator yang maksimal dan hasil pengukurannya akan di tampilkan pada layar indikator, yaitu Sensor Ultra Sonic untuk mengetahui indikator level penyimpanan pada dalam tangki minyak, Sensor DHT11 yang berfungsi untuk menampilkan indikator suhu dan kelembapan di dalam tangki penyimpanan, dan Sensor MQ-2 yang berfungsi untuk mengetahui adanya kebocoran gas yang di letakkan diluar dekat tempat masuknya minyak kedalam tangki penyimpanan. Tiga buah sensor tersebut dikendalikan dengan mikrokontroler jenis Arduino UNO R3 yang berfungsi untuk memproses data sensor yang kemudian akan di teampilkan dalam layar LCD berukuran 2x16 sebagai penampil seluruh data yang diproses sebelumnya.


Keywords


Sensor Ultra Sonic; Sensor DHT11; Sensor MQ-2; Arduino UNO R3

Full Text:

PDF

References


Sumardi S, Ilham Syah P. Rancang Bangun Monitoring Ketinggian Air Dan Sistem Kontrol Pada Pintu Air Berbasis Arduino Dan Sms Gateway. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tanggerang. 2018.

Ulfah Mediaty A. Pengujian Sensor Ultrasonik PING untuk Pengukuran Level Ketinggian dan Volume Air. Semarang: Jurnal Ilmiah “Elektrikal Enjiniring” UNHAS. 2011.

Nur Roin Z. Prototype Sistem Pengaturan Level Air Menggunakan Sensor Ultrasonik pada Industri Minuman. Jember: Digital Repository Universitas Jember. 2015.

Ilfan A. Automatic Water Level Control Berbasis Mikrocontroller Dengan Sensor Ultrasonik. Semarang: UNNES. 2015.

Amelia A , Adnan Rafi A. Sistem Kendali dan Pemantauan Ketinggian Air pada Tangki Berbasis Sensor Ultrasonik. KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer. 2017.

Bakhtiyar A , Bambang S. Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada Ruang Menggunakan Arduino Uno. Surabaya: Universitas Negri Surabaya. 2017.

Riki Ruli A. Siregar, Rifky R. Model Sistem Monitoring Tangki Bahan Bakar Minyak Spbu Dengan Menggunakan Web Aplikasi Dan Sms Gateway. Jakarta Barat: JETri. 2015.

Dwi H, Dasril, Aryanto H. Perancangan Prototype Indikator Bahan Bakar Digital Berbasis Arduino Uno Pada Sepeda Motor. Tanjungpura: Universitas Tanjungpura. 2017

Muhammad Dio K, Endro A, Sidik P. Perancangan Dan Implementasi Pengaktifan Water Heater Dan Pemantauan Suhu Dan Ketinggian Air Pada Bak Mandi Dengan Sensor Ultrasonik Dan Sensor Suhu Menggunakan Arduino Berbasis Android. Bandung: e-Proceeding of Engineering. 2016.

Yusuf I, Rizky H. Sistem Kontrol Level Ketinggian Air pada Tandon Menggunakan SMS Berbasis Smart Relay. Prosiding SENTIA. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jte.2020.v11i2.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknologi Elektro

Publisher Address:
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
Email: [email protected]
Website of Electrical Engineering
http://teknikelektro.ft.mercubuana.ac.id

p-ISSN : 2086-9479
e-ISSN : 2621-8534
Jurnal URL : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jte
Jurnal DOI: 10.22441/jte

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is indexed by: