Kekuatan Rekomendasi Digital : Pengaruh eWOM di Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Liptint

Diva Hani Putri, Berliani Ardha, Erna Mariana Susilowardhani

Abstract


Penelitian ini menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) di Instagram terhadap keputusan pembelian produk liptint Barenbliss. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei terhadap 100 followers @barenbliss_id, ditemukan bahwa eWOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 79,1%. Dimensi platform assistance dan positive self-enhancement menjadi yang paling dominan. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi komunikasi digital berbasis partisipasi konsumen dalam membangun loyalitas merek kosmetik

Keywords


eWOM; Keputusan Pembelian; Instagram; Barenbliss

References


Arifah, N. (2015). Pengaruh social media terhadap perilaku konsumen di kalangan remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 45–59.

GoodStats. (2021). Berbagai produk bibir favorit masyarakat Indonesia 2021. Retrieved from https://goodstats.id/article/berbagai-produk-bibir-favorit-masyarakat-indonesia-2021-AeZvP

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 59–68.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

NapoleonCat. (2025). Instagram users in Indonesia - January 2025. Retrieved from https://upgraded.id/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia

Qurniawati, L., & Nurohman, A. (2018). Strategi pemasaran digital dalam membangun loyalitas pelanggan melalui e-WOM. Jurnal Komunikasi, 13(2), 123–136.

Suara.com. (2022). Borong 3 penghargaan Beautyhaul, Barenbliss terbukti kian populer di kalangan pecinta K-Beauty. Retrieved from https://www.suara.com/lifestyle/2022/12/03/160000

Compas.co.id. (2024). Top 5 merek lipstik terlaris di e-commerce Indonesia Agustus 2024. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/produk-konsumen/statistik/66dffbd5ad158

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v14i1.33409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: