Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran di Sma Negeri 1 Panggarangan, Lebak, Banten

Dudi Hartono

Abstract


Kehadiran media sosial telah mengubah pola komunikasi masyarakat, termasuk lingkungan pendidikan. WhatsApp sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi para siswa di SMA Negeri 1 Panggarangan, Lebak, Banten. Metode blended learning, yaitu yaitu metode pembelajaran yang menggabungkan sistem pembelajaran berbasis kelas (face-to face) dan pembelajaran berbasis e-learning yaitu dengan memanfaatkan WhatsApp memungkinkan pengguna sumber belajar online dengan tanpa meninggalkan kegiatan tatap muka.Pemanfaatan WhatsAPp sebagai pendukung keberhasilan proses belajar mengajar.

Keywords


Whatsapp; Blanded Learning; New Media; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi : Teori Paradigma, dan DiskursusTeknologi

Komunikasi Di Masyarakat, Kencana : Jakarta.

Hamid, Farid dkk. 2011. Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Kencana :

Jakarta.

Hidayat, Dedy. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba

Humanika.

McQuail’s, Denis, 2015, Teori Komunikasi Massa, Salemba Empat, Jakarta

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Offset, Bandung

Nasrullah, Rulli. 2012. Komunikasi Antarbudaya Di Era Budaya Cyber. Kencana : Jakarta. .

_____________, 2017. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi,

Simbiosa Rekatama : Bandung.

Rusman, 2012, Model-Model Pembelajaran, Rajagrafindo Persada, Depok

Sagala, Syaifull, 2010, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidik, Alfabeta

Solomon, Michael. R. 2015. Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11th Edition. New

Jersey: Prentice-Hall.

Sugiyono, 2017, MEtode Penelitian; Kuanitatif,Kualitatif dan RD, Alfabeta,




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v13i2.33520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: