Penerapan Bimbingan dan Konseling dengan Teknik Psikodrama dalam Lingkup Pendidikan

Siti Nuraida Amanah, Neng Silva, Naeila Rifatil Muna

Abstract


Rendahnya kualitas pendidikan diiringi oleh beberapa faktor, seperti halnya permasalahan pembelajaran, rendahnya mutu pendidikan, dan rendahnya prestasi belajar siswa. Bimbingan konseling hadir sebagai salah satu sarana dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Salah satu teknik dalam bimbingan dan konseling adalah psikodrama. Tujuan penelitian ini yakni untuk memahami peranan penerapan psikodrama dalam lingkup pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Psikodrama merupakan suatu metode yang menggabungkan antara drama dan psikologi dalam membantu individu dalam mengembangkan potensi, serta memecahkan permasalahan sosial dan emosional. Psikodrama telah banyak diterapkan dalam dunia pendidikan. Adapun peranan psikodrama yakni meningkatkan kecerdasaan emosional peserta didik,  sarana peningkatan self disclosure (keterbukaan diri), membangun kemandirian belajar, membangun self concept (konsep diri), dan sebagai sarana pelatihan guru dalam meningkatkan pembelajaran yang kreatif.


Keywords


psikodrama, bimbingan, konseling, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. (2017). Meningkatkan Kepercayaan Diri Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Siswa Kelas X TMO C SMK N 2 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017. Salatiga: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Damayanti, V. D. (2023). Peningkatan Self Disclosure Siswa Melalui Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bandar Lampung.

Tasmania. (2018). Survey Tentang Masalah-masalah yang Dihadapi oleh Siwa Kelas VII SMP Negeri 1 Inuman. Jurbal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), 65-75.

Febrianti, C., & Irmayanti, R. (2019). Teknik Psikodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Perilaku Merokok Siswa SMA. Fokus, 2(3), 105-113.

Jahiras. (2020, September). Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Efektif Meningktkan Konsep Diri Siswa Kelas VII SMPN 48 Surabaya. Teraputik Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 378-381.

Khairi, A., & Yustiana, Y. R. (2018). Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Keyakinan Diri Akademik Peserta Didik. Proceeding The 1st International Conference on Islamic Guidance and Counseling 2018, (pp. 104-112).

Khusna, A. U., & Handayani, A. (2020). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Kemandirian Belajar. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 15(2), 36-43.

Lase, B. P. (2018). Posisi dan Urgensi Bimbingan Konseling dalam Praktik Pendidikan. Jurnal Warta Dharmawangsa(58).

Lubis, N. L., & Hasnida. (2016). Konseling kelompok. Jakarta: Kencana.

Mulyawati, Y., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 150=160.

Nurhuda, H. (2022). Masalah-masalah Pendidikan Nasional: Faktor-faktor dan Solusi yang Ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan DasarIslam, 5(2), 127-137.

Putri, A. R., Rasimin, & Yaksa, R. A. (2023). Upaya Meningkatkan Empati Siswa dengan Teknik Psikodrama dalam Layanan Konseling Kelompok di SMP Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 87-94.

Rahim, M., & Hulukati, W. (2020.). Pendidikan di Indonesia (Antara Harapan dan Kenyataan)., (pp. 57-75).

Ramesyah, F. (2020, Desember 29). Kumparan. Retrieved Oktober 24, 2023, from https://kumparan.com/ferdy-ramesyah/pisa-skor-pendidikan-indonesia-masih-di-bawah-rata-rata-dunia-1usItNpTYEW

Safitri, C. (2019). Pengaruh Psikodrama terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017-2018. Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Saragi , M. P., Iswari, M., & Mudjiran, M. (2018). Kontribusi Konsep Diri dan Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(1), 1-14.

Saragi, M. P. (2018). Analisis Konsep Diri Siswa Serta Implikaisnya dalam Pelayanan Konseling. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 8(2), 28-34.

Sari, N. N. (2020, Oktober). Pemanfaatan Teknik Psikodrama dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Keterbukaan Diri Siswa. Empati: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 49=58.

Sari, S. P. (2017). Teknik Psikodrama dalam Mengembangkan Kontrol Diri Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 123-137.

Siu, O. C., Nuriani, & Lamirin. (2022). Mengajar Dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Guru Sekolah Minggu Buddha Tamil Kota Medan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bodhi Dharma, 1(2), 48-56.

Syaadah, R., Ary, M. H., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal, dan Pendidikan Informal. PEMA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 125-131.

Syamsu, Y. (2016). Konseling Individual. Bandung: PT Refika Aditama.

Zarawaki, N. M. (2023, Januari 23). IDN Times. Retrieved Oktober 25, 2023, from https://www.idntimes.com/life/education/nisa-zarawaki/peringkat-pendidikan-dunia2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/merpsy.v16i1.24515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Merpsy Journal

Tim Editorial Office

Merpsy Journal
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana
(Kampus-A Meruya) Gedung E Lantai 1
Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat
Telepon : 081234880285
Jakarta
Email ([email protected])
Website (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/merpsy)