KAJIAN STRATEGI VISUAL PADA MEDIA PROMOSI MOTION GRAPHIC STASIUN PENYEDIA LISTRIK UMUM (SPLU)

Rifki Aswan

Abstract


Kajian strategi visual pada media promosi motion graphic stasiun penyedia listrik umum (SPLU) merupakan sebuah kajian yang dilakukan untuk mengungkap kegagalan strategi visual yang terjadi pada media promosi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. PT PLN meluncurkan motion graphic berjudul ‘PLN Disjaya SPLU’ pada tanggal 7 september 2016. Motion graphic ini tentunya bertujuan untuk mempromosikan fasilitas SPLU yang disediakan untuk masyarakat umum. Motion graphic ini diunggah pada sosial media youtube. Namun sampai pada November 2017 ini tercatat bahwa video ini baru ditonton sebanyak 378 viewer, dan 1 like, dan 0 dislike. Angka yang sangat rendah untuk sebuah tontonan yang telah tayang selama 1 tahun 2 bulan. Perbandingan jumlah like dengan viewer pun hanya 1 orang dari 378 viewer. Dengan berdasarkan perbandingan waktu, viewer dan likenya dapat dikatakan bahwa motion graphic ini gagal dalam mengkomunikasikan layanan fasilitas SPLU ke khalayak umum. Kegagalan fungsi motion graphic tersebut menjadi kasus yang mengherankan bagi penulis sendiri, mengingat bahwa secara tampilan visual dan materi yang ada dalam motion graphic ini tersusun dengan baik dan menarik. Untuk itu, kajian ini dilaksanakan untuk mencari tahu letak kesalahan dalam proses sosialisasinya. Dengan demikian, analisa terhadap strategi visual motion graphic ‘PLN Disjaya SPLU’ sangatlah dibutuhkan demi keberhasilan proses kampanye fasilitas SPLU yang disediakan pemerintah kedepannya.

Keywords


Strategi visual, SPLU, Motion Graphic.

Full Text:

PDF

References


Craig, James. (1990). Production for The Graphic Designer. Watson-Guptill, Michigan.

Cresswell, John W. (2010). Research Design Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Masri, A. (2010). Strategi Visual. Jogjakarta: Jalasutra.

Danger, Eric P. (1992). Memilih Warna Kemasan. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Denzin, Noman K. & Yvonna S.Lincoln.(2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Endaraswara, Suwardi. (2006). Metodologi Penenlitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Endraswara, Suwardi. (2003). Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Goodwin, Charles. “Practices of Seeing, Visual Analysis : An Ethnomethodological Approach”. UCLA

Hamzah Dwi Putra, Muhammad (2014). Perancangan Komunikasi Visual Kampanye “Tanam Jakarta” Oleh Jakarta Berkebun. Bina Nusantara, Jakarta.

Herbert Zettl. (2009). Sight Sound Motion. Canada: Nelson.

Imam Satria Putra Sukarno (2008) Perancangan Motion Graphic Ilustratif Mengenai Majapahit Untuk Pemuda – Pemudi. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Kuerh, Rudolph. (1955 ). The Book of Sign.

Kusrianto, Adi. (2004), Tipografi Komputer untuk Desainer Grafis. Andi Offset.Yogyakarta.

Lestari, Hengky. “Perancangan Visual Permainan Kartu “Matahari Indonesia” Untuk Memperkenalkan Tari Tradisional Nusantara Kepada Kaum Muda Di Indonesia”. Universitas Bina Nusantara Indonesia.

Lia Anggraini S. dan Kirana Nathalia. 2013. Desain Komunikasi Visual. Bandung: Nuansa Cendekia.

Linda M. R. Gurning dan Talita Leoni Rizkitysha (2017). Analisis Desain Komunikasi Visual Pada Station Id Trans Media Group. Universitas Trisakti, Jakarta.

Maftukha, N. Visualisasi Motif Tenun Hasil Anak Usia Dini Di Suku Baduy Luar, Volume 6 Edisi 2 September 2019 NARADA: Jurnal Desain Dan Seni. 6(2)

Nugroho, Eko. (2008), Pengenalan Teori Warna. Andi Offset. Yogyakarta.

Norma Amaliah, Achmad Yanu Alif Fianto, Sigit Prayitno Yosep.

(2015).Perancangan Media Promosi Pt Petronika Sebagai Upaya Pembentukan Citra Perusahaan. Surabaya: Institut Bisnis dan Informatika.

Panofsky, Erwin. “Meaning in the Visual Arts”. The University of Chicago Press. Chicago.

Aswan, R. Tinjauan Elemen Visual Pada Buku Ilustrasi #88 Love Live, Volume 6 Edisi 1 April 2019 NARADA: Jurnal Desain Dan Seni. 6(2).

Sachari, Agus. (2003). Pengantar Metodologi Penelitian Budaya Rupa: Desain, Arsitektur, Seni Rupa, dan Kriya. Bandung: PT Gelora Aksara Pratama.

Sachari, Agus. (2005), Pengantar Metodologi Penelitian, Erlangga, Jakarta.

Sarwono, Jonathan & Hary Lubis. (2007), Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual, Andi Offset, Yogyakarta.

Suwirya,Bagus Made Bayu. (2011). Desain Komunikasi Visual dalam usaha mempromosikan POP Harris Hotel di Jalan Teuku Umar No. 74A Denpasar-Bali. Institut Seni Indonesia Denpasar, Bali.

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Sumardjo, Jacob. (2000), Filsafat Seni, ITB, Bandung.

Van Leeuwen,Theo & Carey Jewitt. “Visual Analysis Handbook”. SAGE Publishing. London

Werner J. Severin. (2008). Teori Komunikasi Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana.

www.splu-pln.com

https://www.youtube.com/intl/id/yt/about/press/

https://www.youtube.com/watch?v=4dkkT7HDKz8&t=6s


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

 

The Journal is indexed by:

Tools for Citations & Plagiarism Detection:

 
 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional