PENERAPAN WARNA PADA RUANG INTERIOR ANAK AUTIS

Anggi Dwi Astuti

Abstract


Ringkasan
Penderita autisme mempunyai gangguan pada interaksi sosial, komunikasi, imajinasi serta pola perilaku yang repetitif dan resistensi (tidak mudah mengikuti/menyesuaikan) terhadap perubahan pada rutinitas. Gangguan pada interaksi sosial ini menyebabkan mereka terlihat aneh dan berbeda dengan orang lain. Untuk menangani anak autis, salah satu metode yang dapat diterapkan adalah terapi warna. Terapi warna dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran anak akan keberadaannya dalam lingkungan. Hal itu dapat dilakukan dengan memberi warna panas atau hangat dalam desain interior kamar tidur, sehingga ketika setiap harinya mereka melihat warna-warna tersebut pikiran mereka terdorong dan sadar bahwa mereka ada dalam suatu ruangan.
Kata Kunci: Autisme, Interior Ruang, Aplikasi Warna
Abstract
People with autism have a disruption to social interaction, communication, imagination and repetitive behavioral patterns and resistance (not easy to follow/adjust) to changes in routine. This disturbance to social interaction makes them look strange and different from others. Autistic children can be treated with color therapy. This method is expected to raise children’s awareness of their existence within their environment. It can be done by applying hot or warm colors in the interior design of the bedroom, so when they see the colors everyday, their minds are pushed to realize that they are in a room.
Keywords: Autism, Interior Space, Color Applications.

Keywords


Autisme, Interior Ruang, Aplikasi Warna

Full Text:

PDF

References


Akmal, Imelda. (2007). Menata Ruangan dengan Warna. Jakarta: PT Garamedia Pustaka Utama.

Chamidah, A. N. (2015). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Pelatihan

Layanan Komprehensif bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi, 1-6.

Coulter, Rachel A. (2009). Understanding the Visual Symptoms of Individuals with Autism Spectrum Disorder (ASD). Optometry & Vision Development (OVD) Journal Volume 40. OH, United States.

DK. Ching, Francis. (2010). Arsitektur:Bentuk, Ruang dan Tatanan. Jakarta: Erlangga.

B, Denta Mandra Pradipta., Sylvia, N., dan Tiyama, I.A, Penggunaan Stainless Steel dan Pengaruh Warna pada Perkakas Dapur, Volume 6 Edisi 1 April 2019. Narada: Jurnal Desain Dan Seni. 6(1).

Edson, L. (1987). Cara Kita Belajar. Jakarta: Tina Pustaka.

Gunardi, T. (2008). Teori Sensori Integrasi Up 44 | Volume 5 Edisi 2, 2018

Date untuk Anak Autis. Jakarta: Autism.

Awareness Festival 18 September 2008. Autism Association of Western Australia. (2013). Shenton Park, WA: AAWA.

Indrawati. (2003, 14 Agustus). Bayi autis, bayi baik‟. Jawa Pos. 14 agustus 2003, 35.

Beaver, C. (2007). Designing for Autism. Building Schools for the Future. SENMagazineissues 46. UK.

Irawan, B. & Tamara, P. (2013). Dasar-Dasar Desain. Jakarta: Griya Kreasi.

Kusmiati, A. (2004). Dimensi Estetika pada Karya Arsitektur dan Disain. Jakarta: Djambatan.

Lawson, W. (2007). Sensory Issues in Autism. UK: The Autism and Practice Group-Learning Disability Services.

Listyani, M. (2016). Autism School di Batang dengan Prinsip Universal

Design. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mahardhika, R. V., & Budiono. (2012). Desain Interior Pusat Rehabilitasi

Autisme dengan Konsep “Season in Wonderland Revolution Clinic” dan

“Free Running Building” sebagai Sarana Terapi Interior Partisipatif. Jurnal Sains dan Seni Pomits, 1, 1-6.

Milne, Elizabeth. (2007). Visual Perception and Visual Dysfunction in Autism Spectrum Disorder: A Literature Review. British and Irish Orthoptic Journal 4, 15 – 20.

Mostafa, Mogda. (2008). An Architecture for Autism: Concept of Design

Intervention for the Autistic User. Archnet-International Journal of

Architecture Research (IJAR), Vol.2 – issue, 189-211.

Panero, Julius, & Zelnik, Martin. (1979). Human Dimension and Interior

Space. New York: Watson Guptil Publications.

Rachmita Maun H, Imam Santosa, Deddy Wahjudi, Widjaja Martokusumo, Kajian Penerapan Desain Universal Pada Ruang Perkuliahan Bagi Penyandang Disabilitas Pendengaran di Perguruan Tinggi (Studi kasus: Ruang Kuliah Gedung CADL di ITB), Volume 6 Edisi 1 April 2019. Narada: Jurnal Desain Dan Seni. 6(1).

Whitehurst, Teresa. (2006). The Impact of Building Design on Children with Autistic Spectrum. Good Autism Practice.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

P-ISSN: 2477-5134
E-ISSN: 2621-5233
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


View My Stats

 

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

p-ISSN 2477-5134

e-ISSN 2621-5233

The Journal is indexed by:

         

 

           

 

 

Plagiarism Detection Software: