PELATIHAN ILUSTRASI FASHION UNTUK SISWA SMU/SMK JAKARTA BARAT

Waridah Muthi'ah

Abstract


Abstrak

Pendidikan berbasis potensi belum menyentuh ranah pendidikan dasar dan menengah di Indonesia, hal ini menimbulkan SDM sangat lamban untuk menentukan minat mereka saat menjalani pendidikan. Program kegiatan pengabdian masyarakat merupakan terapan ilmu yang dapat diaplikasikan secara langsung kepada masyarakat maupun peserta didik. Melalui program ini, masyarakat maupun peserta didik (siswa) diharapkan dapat mengembangkan potensi maupun menentukan arah minat mereka.

Pelatihan ilustrasi fashion merupakan salah satu bekal keterampilan yang edukatif. Melalui pelatihan ilustrasi fashion, siswa mampu mengenal ilmu secara aplikatif serta dapat mengenal peluang usaha melalui industri kreatif sejak dini. Pada pelatihan ini, peserta diberikan pengetahuan mengenai teknik membuat sketsa fashion, anatomi fashion model, gesture, gaya dann tekstur busana, serta mewarnai sketsa fashion dengan teknik yang mudah dan sederhana. Pada akhir pelatihan, peserta dapat mempresentasikan karya yang dihasilkan sehingga kegiatan ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.

 


Keywords


Fashion illustration; pengabdian kepada masyarakat; SMA/SMK

References


Cropley. A. (2009). Creativity in education and learning – a guide for teachers and educators. New York: Routledge Falmer.

Frascara, J. (2004). Communication design: principles, methods, and practice.

Hadisurya, Pambudy, & Jusuf. (2011). Kamus Mode Indonesia.

Hurlock, E.B. (1980). Development Psychology A life-Span Approach, fifth edition. New Delhi: Tata Mc Graw-Hill Publishing Company Ltd.

Khatchadourian, H. (1965). The Expression Theory of Art: A Critical Evaluation. The Journal of Aesthetics and Art Criticism. Vol. 23 (3), Pg.335-352.

Munandar, S.C.U. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gasindo.

Munandar, U. (2002). Kreativitas & Keberbakatan Strategi Mewujud-kan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Munandar, U. (2002). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Maftukha, N. (2017). Art Therapy Seni Lukis Ekspresif Untuk Penderita Gangguan Kejiwaan Di Unit Informasi Layanan Sosial (Uils) Meruya, NARADA: Jurnal Desain dan Seni. 4(3), 325-333.

Smith, K. L. (2005). Handbook of visual communication: theory, methods, and media. ISBN 978-0-8058-4178-7.

Ulita, N. (2018). Workshop Pembuatan Dreamboard Kreatif Sebagai Strategi Komunikasi Tentang Impian Profesi Masa Depan Pada Siswa SDN Di RPTRA Sugriwa Rawa Buaya. NARADA: Jurnal Desain dan Seni. 5(3). 417-430.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i1.003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

 

The Journal is indexed by:

Tools for Citations & Plagiarism Detection:

 
 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional