KAJIAN PENERAPAN DESAIN UNIVERSAL PADA RUANG KULIAH BAGI DISABILITAS PENDENGARAN DI PERGURUAN TINGGI (Studi kasus : Ruang Kuliah Gedung CADL di ITB)

Rachmita Maun Harahap, Imam Santosa, Deddy Wahjudi, Widjaja Martokusumo

Abstract


Hambatan arsitektural bagi  disabilitas  pendengaran terhadap desain universal yang diaplikasikan  dalam kebutuhan jauh lebih jelas dan biasanya melibatkan informasi. Padahal disabilitas  pendengaran memiliki kebutuhan ruang yang bersifat lebih spesifik. Penelitian bertujuan berusaha untuk memperbaiki konsep desain asli dengan membuat perguruan tinggi  lebih universal dan mengintegrasikan penerapan desain universal dengan  desain  Deaf Space di ruang kuliah. Ruang kuliah berfungsi sebagai tempat kegiatan belajar mengajar bagi  mahasiswa disabilitas  pendengaran dan strategi untuk mengatasinya. Studi kasus di ruang kuliah gedung CADL di ITB, kemudian dilakukan eksperimen  simulasi ruang kuliah bagi  responden  mahasiswa aktif/alumni/drop out  disabilitas pendengaran dan informan kunci yang memahami regulasi desain universal. Guna memecahkan masalah tersebut, mendesain sebuah konsepsi desain Deaf Space kemudian dijelaskan penerapan konsep desain universal yang terkait aspek elemen interior.  Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dan metode survei dengan teknik wawancara untuk mendapatkan data kebutuhan dari subjek penelitian. Penelitian juga bersifat evaluatif, yaitu menganalisis aspek elemen interior, yaitu area sirkulasi, tata letak furnitur, pencahayaan, warna dan akustik. Hasil penelitian menunjukkan aspe elemen interior tersebut di ruang kuliah belum memenuhi standar desain universal dan desain Deaf Space


Keywords


disabilitas pendengaran; desain universal; Deaf Space; ruang kuliah CADL di ITB

References


Arikunto. (2010). Prosedur penelitian sebuah pendekatan praktek. Yogyakarta, Rineka Cipta. hal. 118.

Atmadi, T. (2018). Evaluasi Pasca Huni Interior Kantor PT. Pupuk Indonesia Jakarta. NARADA: Jurnal Desain Dan Seni. 5 (2), 139-154.

Bauman, H. (2010). Deaf Space Design Guidelines. USA: Gallaudet University.

Crawford, Jean Burke (1996). Tubuh manusia. Jakarta: PT Tira Pustaka.

Creswell, J. W. (2013). Research design qualitative, quantitative and mixed methods approches. California: SAGE Publications.

Direktorat sarana dan prasarana, ITB. (2016): Denah ruang gedung CADL di ITB.

Goldsmith, Selwyn. (2000). Universal design, a manual of practical guidance for architecs. Oxford: Architectural Press. Pg. 1-2.

Laurens, J. M. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mace, R. L. (1991). Accessible Environments: Toward Universal Design. New York: Van Nostrand Reinhold.

Peraturan Menteri PUPR No 14/M/PRT/2017. Kemudahan persyaratan bangunan. Jakarta.

Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi No 46/2017. PK-LK di PT

Peraturan Presiden Undang-U No 8/2016: Penyandang disabilitas. Jakarta.

Soedarwanto, S. (2018). Teori Vitruvius Vs Teori Sir Henry Wotton Dalam Desain Produk. NARADA: Jurnal Desain Dan Seni. 5 (2), 155-163.

Steinfeld, E., & Maisel, J.L. (2012). Universal Design, Creating Inclusive Environments. New Jersey: John Willey & Sons, Inc.

Story, M. F. (1998). The Universal Design File: Designing for People of All Ages and Abilities. North Carolina State University. Pg. 34-35.

Suryajaya, M. (2016). Sejarah estetika:era klasik - kontemporer. Jakarta: Gang Kabel dan Indie Book Corner. Hal.173-177.

Weisman, G. D. (1981). Modelling Environment Behavior System. Journal Of Man Environment Relation Vol.1 (2). Pensylvania.

Kusumarini, Y dan TNP, Utomo. (2008). Konsep Desain Kamar Mandi Bertema” Accessible Restroom” 2007 Analisis Penerapan Konsep 'Desain Universal' pada Sayembara Perancangan. Journal of Visual Art and Design.

Nordqvist, C. (2015): Deafness and hearing loss: Causes, symptoms and treatments. Diambil dari: http://www.medicalnewstoday.com/articles/249285.php?page (diunduh 1-9-2017)

Bauman, H. (2010). Deaf diverse design guidelines. Diambil dari: https://ced.berkeley.edu/events-media/events/hansel-baumandeafspace-rediscovering-somatic-ways-of-dwelling (Diunduh 19-10-2017)

Deaf Space individuality + integration in Gallaudet university by asta kronborg triilingsgaard. Diambil dari: https://issu.com/astatrilingsgaard/docs/deafspace_individuality_integration (Diunduh 11-1-2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i1.001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

 

The Journal is indexed by:

Tools for Citations & Plagiarism Detection:

 
 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional