Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dwi Yuli Rakhmawati, Herlina Herlina, Khofifah Kurniawati, Adinda Norma Gupita Sari

Abstract


Indonesia sebagai salah satu negara terdampak COVID-19 mengalami perubahan yang drastis di segi pendidikan. Konsep pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimana pendidikan formal dibangku kuliah berubah menjadi belajar dari rumah dengan menggunakan sistem online dalam skala nasional. PJJ harus dapat menjaga mutu belajar anak didik dengan segala keterbatasan yang ada. Link and match antara dunia pendidikan dan industri merupakan syarat mutlak yang harus kita perhatikan. Penelitian ini penting dilakukan mengingat mutu belajar mahasiswa harus tetap terjaga di masa pandemi ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simple random sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh PJJ terhadap mutu belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan jika PJJ dan mutu belajar mahasiswa dalam kategori sedang. Oleh karena itu PJJ perlu ditingkatkan karena secara signifikan memberikan pengaruh terhadap mutu belajar mahasiswa berdasarkan analisis regresi.


Keywords


Mutu Belajar; Pembelajaran Jarak Jauh; Sampling Acak Sederhana; Analisis Regresi Linier

Full Text:

PDF

References


Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol 17 (1), pp.41-54.

Kurniawan, D. (2008). Regresi Linier (Linear Regression). Forum Statistika.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 11(1), pp.94-101.

Santoso, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri). [Tesis] Universitas Sebelas Maret.

Septantiningtyas, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edureligia Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2(2), pp.131-135.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, M., & Sofian, E. (1995). Metode Penelitian Survai (2nd Ed). Jakarta: LP3ES.

Taslim, Toresa, D., & Syahtriatna. (2017). Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). Jurnal Inovtek Polbeng-Seri Informatika. Vol. 2(2), pp.182-188.

Umar, H. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2020.v14i3.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats