ANALISA RISIKO OPERASIONAL PERSEDIAAN PADA GUDANG BAHAN BAKU UKM MAKANAN RINGAN METODE FMEA

Rifaldy Indrarespati, Jakfat Haekal, Muhammad Kholil

Abstract


Makaroni M adalah UKM makanan ringan yang didirikan sejak tahun 2017. Persediaan bahan baku menentukan kelancaran proses pengolahan makaroni. Namun pada kondisi aktualnya terdapat masalah ketidaksesuaian jumlah pemeriksaan fisik sisa persediaan bahan baku yang berada di gudang dengan laporan persediaan bulan Januari sampai Februari 2020. Sehingga perlu dilakukannya identifikasi untuk mengetahui jenis bahan baku yang mengalami selisih persediaan terbesar menggunakan Diagram Pareto. Selanjutnya analisis faktor penyebab masalah dengan menggunakan Fishbone Diagram. Usulan perbaikan dilakukan dengan metode Failure Mode and Effect Analysis yang dilanjutkan dengan pendekatan 5 W + 1 H. Hasil dari identifikasi diagram pareto jenis bahan baku yang mengalami selisih terbesar yaitu jenis bahan baku bumbu bubuk balado sebesar 28%. Hasil analisis fishbone diagram menunjukan faktor yang menyebabkan terjadinya selisih persediaan adalah faktor material, faktor manusia, dan faktor metode. Perbaikan yang diusulkan yaitu menerapkan Visual Control, mengadakan morning briefing, dan setiap jenis bahan baku harus memiliki laporan persediaan sendiri.


Keywords


Persediaan; Failure Mode and Effect Analysis (FMEA); 5 W + 1 H

Full Text:

PDF

References


Alfi, R., & Triyani, W. (2019). Perancangan Sistem Database Stock Location untuk Optimalisasi Stock Accuracy pada Gudang Pengemasan Suatu Perusahaan Minuman. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, Vol. 8(2), Hal 117-132.

Dadang, D., & Heriyanto, F. (2020). PENGARUH BRIEFING KERJA DAN PERAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. GMF AEROASIA Tbk. Dynamic Management Journal, 4(1).

Kholil, M., & Mulya, R. (2013). Minimasi Waste Dan Usulan Peningkatan Efisiensi Proses Produksi Mcb (Mini Circuit Breaker) Dengan Pendekatan Sistem Lean Manufacturing (Di PT Schneider Electric Indonesia). Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 8(1), 182851.

Lamto. W., Novi. E., & Rizky. S. N. (2013). Usulan Perbaikan Rancangan Tata Letak Penyimpanan Bahan Baku Berdasarkan Kriteria Pemakaian Bahan: Jurnal AL-AZHAR Seri Sains dan Teknologi, Vol. 2(2)., Hal 69-80.

McDermott, R., Mikulak, R., & Beauregard, M. (2009). The Basics of FMEA, 2nd. New York.

Mulyadi. (2014). Audit 1. Edisi ke-6. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Romney, M., & Steinbart. (2012). Accounting Information System (12th Editon). London: Prentice Hall.

Tannady, H. (2015). Pengendalian Kualitas. Jakarta: Graha Ilmu.

Warman, Jhon, (2012), Manajemen Pergudangan,Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2021.v15i2.010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats