PENGUKURAN KINERJA MESIN EXTRUDER 160 PADA PRODUKSI KABEL MEDIUM VOLTAGE (MV) DALAM FASE OUTER SHEATING

Marko Yuli Sutanto, Wahib Wahab, Ibnu Shaleh

Abstract


Mesin Extruder 160 dapat dianalisis kinerjanya dengan metode overall equipment efficiency (OEE). Untuk mengetahui nilai kerusakan tertinggi pada mesin extruder 160 dapat diperoleh dengan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dengan mengukur Severity, Occurrence dan Detection dari hasil penyebabnya sehingga di dapat nilai Risk Priority Number (RPN). Penelitian yang dilakukan di awal bulan hingga akhir bulan 2019 di dapat nilai rata-rata availability ratio 99%, performance 71%, dan quality rate 99%. Nilai OEE yang di dapat yaitu 69% tidak sebanding dengan nilai standar OEE yang sudah ditetapkan oleh perusahaan kelas dunia sebesar 85%. Tidak tercapainya nilai OEE dikarenakan 4 penyebab utama seperti rendahnya kemampuan pekerja (orang), Umur Mesin, Penjadwalan pemeliharaan mesin dan standar mesin, tempat perakitan tidak sesuai karena rendahnya tentang upaya pembelajaran terkait pemeliharaan mesin extruder 160 (Metode) dan komponen mesin yang tidak sesuai dengan spesifikasi (Material). Didapat hasil Risk Priority Number (RPN) teratas sebanyak 294 pada faktor mesin.

Keywords


Productivity; OEE; Pareto Diagrams; Fishbone Diagrams; FMEA

Full Text:

PDF

References


Borris, S. 2006. Total Productive Maintenance. New York: McGraw-Hill

Fitriadi, F., Muzakir, M., & Suhardi, S. 2018. Integrasi Overall Equipment Effectiveness (OEE) Dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Untuk Meningkatkan Effectifitas Mesin Screw Press Di PT. Beurata Subur Persada Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Optimalisasi, Vol. 4(2)

Firdaus, H., & Widianti, T. 2015. Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) sebagai tindakan pencegahan pada kegagalan pengujian. Jurnal Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, ISSN 1907-7459

Gaspersz, V. 2003. Metode Analisis untuk Peningkatan Kualitas, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hasibuan, M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasrul, H., Shofa, M. J., & Winarno, H. 2017. Analisa Kinerja Mesin Roughing Dengan Menggunakan Metode Overal Equipment Effectiveness (OEE) dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA). Jurnal INTECH Teknik Industri, Vol. 3(2)

Rahman, A., & Perdana, S. 2019. Analisis Produktivitas Mesin Percetakan Perfect Binding Dengan Metode OEE Dan FMEA. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 7(1)

Rakesh, R., Jos, B. C., & Mathew, G. (2013). FMEA Analysis for Reducing Breakdowns of a Sub System in the Life Care Product Manufacturing Industry. International Journal of Engineering Science and Innovative Technology. Vol. 2(2)

Rizkia, I., Adianto, H., & Yuniati, Y. 2015. Penerapan Metode Overall Equipment Effectiveness (Oee) Dan Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) Dalam Mengukur Kinerja Mesin Produksi Winding Nt-880n Untuk Meminimasi Six Big Losses. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Vol. 3(4)

Saiful, S., Rapi, A., & Novawanda, O. 2014. Pengukuran Kinerja Mesin Defekator I Dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (Studi Kasus pada PT. Perkebunan XY ). Jurnal Teknik Industri, Vol. 2(2)

Tannady, H. 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2021.v15i3.005

Refbacks



Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats