Analisis Penerapan Manajemen Risiko Pada Kontrak Penyediaan Jasa Pengangkutan Oil Country Tubular Goods Menggunakan Metode House of Risk (HOR)

Mirna Lusiani, Tasya Amara

Abstract


Pada kegiatan di bidang hulu industri minyak dan gas bumi, tentunya memerlukan barang atau jasa untuk mendukung kegiatan perusahaan. Dalam pelaksanaan kontrak dengan penyedia dapat memungkinkan terjadinya risiko yang dapat merugikan berbagai pihak yang terlibat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kejadian risiko dan penyebab risiko pada kontrak jasa pengangkutan material Oil Country Tubular Goods dengan metode House of Risk. Pada penelitian ini, terdapat 20 kejadian risiko dan 17 penyebab risko. Berdasarkan hasil diagram pareto, diketahui tiga risk agent dengan ranking tertinggi terdapat pada kelalaian pekerja, keterlambatan memberikan respon, dan kurangnya pembinaan dan pengawasan rutin. Dari ketiga risk agent tersebut, terdapat empat rekomendasi aksi mitigasi yang diterapkan untuk mengurangi penyebab risiko dengan nilai ETD tertinggi yaitu melaksanakan kegiatan kick-off meeting dan safety meeting, memberikan pelatihan kepada personel dan subkontraktornya, melakukan pengelolaan aspek HSE untuk subkontraktor yang meliputi seleksi, monitoring, dan evaluasi, dan membuat tools sistem informasi selama pelaksanaan kontrak.


Keywords


Contract; Risk Management; House of Risk; Risk agent; Risk event; Pareto

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A. P., & Dahlia, L. (2022). Enterprise Risk Management Berdasarkan ISO 31000 dalam Pengukuran Risiko Operasional pada Klinik Spesialis Esti. Jurnal Akutansi dan Manajemen Vol. 19 No.02.

Cahyani, Z. D., Pribadi Wahyu, S., & Baihaqi, I. (2016). Studi Implementasi Model House of Risk (HOR) untuk Mitigasi Risiko Keterlambatan Material dan Komponen Impor pada Pembangunan Kapal Baru. Jurnal Teknis ITS.

Fahrurrazi. (2019). Mitigasi Risiko Dalam Penyelengaraan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah. lpse.malangkota.go.id.

Magdalena, R., & Vannie. (2019). Analisis Risiko Supply Chain dengan Model House of Risk (HOR) pada PT Tatalogam Lestari. Jurnal Teknik Logistik Vol.14 No.2 .

Muka, I. W., & Wibowo, A. (2021). Penerapan Manajemen Risiko pada Proses Pengembangan Properti . Jurnal Permukiman.pu.go.id.

Pratama, A. P., Putra, G. M., Hidayat, Febrian, R., Putra, M. L., & Amalia, D. N. (2021). Penyusunan Perencanaan Keberlangsungan Bisnis pada PT Promedika Mitra Utama Kota Samarinda. Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi.

Pujawan , I. N., & Geraldin, L. H. (2009). House of Risk : a model for proactive supply chain risk management. Business Process Management Journal 15(6), 953-967.

Rachmina , D. (2019). Ruang Lingkup, Konteks, Kriteria, Manajemen Risiko - Konteks Risiko. Indonesia Risk Management Professional Association.

Rozudin, M., & Mahbubah, N. A. (2021). Implementasi Metode of Risk Pada Pengelolaan Risiko Rantai Pasokan Hijau Produk Bogie S2HD9C ( Studi Kasus : PT Barata Indonesia). Jurnal Integrasi Sistem Industri Vol. 8 No.1 .

Saryanto dkk. (2020). Manajemen Risiko (Prinsip dan Implementasi). In Hartini. Bandung, Jawa Barat: CV. Media Sains Indonesia .

Shahin, A. (2004). Integration of FMEA and Kano Model : An Exploratory Examination. International Journal of Quality & Reability Management, 731 - 746.

Trenggonowati, D. L. (2017). Analisis Penyebab Risiko dan Mitigasi Risiko dengan Menggunakan Metode House of Risk pada Divisi Pengadaan PT XYZ. Journal Industrial Servives Vol. 3 No. 1a.

Tubagus, M. M. (2021). Usulan Strategi Mitigasi Risiko Pada Pengadaan Bahan Baku Kain Denim Dengan Pendekatan Matriks House of Risk (HOR). Diseminasi FTI 3.

Vikaliana, R. (2018, September 09). Siklus Manajemen Risiko. Retrieved from Manajemen Risiko: www.resistav.wordpress.com

Windarta , W. R., & Widyaiswara. (2022). Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Permasalahannya. Kemenkeu Learning Center.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2023.v17i2.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats