House of Quality sebagai Pengendalian Kualitas Produk pada Kemasan Karton Lipat

Zulkarnain Zulkarnain, Yunita Apriyanti, Augustine Dwi Aulia, Widyastuti Pratiwi, Saeful Imam

Abstract


Permasalahan produk kemasan karton lipat (KKL) yang sering ditemukan pada proses produksi cetak adalah masalah miss register. Fokus dalam penelitian ini adalah pada masalah miss register yang terjadi pada proses produksi cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan kualitas produk dalam upaya peningkatan kualitas kemasan karton lipat. Penelitian ini menggunakan metode House of Quality (HOQ). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa prioritas respon teknik dalam rangka peningkatan kualitas produk kemasan adalah pembuatan instruksi kerja (nilai importance sebesar 377,78), dan pelatihan operator (nilai importance sebesar 314,81). Berdasarkan hasil analisis House of Quality ditemukan juga bahwa produk A lebih unggul daripada

Keywords


folding packaging products; HOQ; miss register; quality improvement; rotogravure

Full Text:

PDF

References


Azmi, N., I, A., & Mangunwidjaja, D. (2011). Perancangan Model Penerimaan Dan Evauasi Pesanan Pada Industri Kemasan Karton Yang Berbasiskan Make To Order. 10–28. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.25105/Jti.V2i1.7011

Basuki, M., Aprilyanti, S., Azhari, A., & Erwin, E. (2020). Perancangan Ulang Alat Perontok Biji Jagung Dengan Metode Quality Function Deployment. Jurnal Intech Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 23–30. Https://Doi.Org/10.30656/Intech.V6i1.2196

Desianti, N. G. N. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistic Processing Control (Spc) Pada Cv. Pusaka Bali Persada (Kopi Banyuatis). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 637. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpe.V10i2.20151

Galingging, R. (2022). Pengendalian Misregister Pada Cetakan Kemasan Karton Di Mesin Offset. 6(02).

Galingging, R., & Arif, S. (2022). Analisis Pengendalian Cetak Kotor (Scuming) Pada Mesin Cetak Offset Gronhi 524 Di Percetakan Mau. 6(01).

Hairiyah, N., Kiptiah, M., & Fituwana, B. K. (2021). Penerapan Quality Function Deployment (Qfd) Untuk Peningkatan Kinerja Industri Amplang Berdasarkan Kepuasan Pelanggan. Agrointek : Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 15(4), 1099–1113. Https://Doi.Org/10.21107/Agrointek.V15i4.10744

Hayashi, P., Abib, G., & Hoppen, N. (2019). Validity In Qualitative Research: A Processual Approach. The Qualitative Report. Https://Doi.Org/10.46743/2160-3715/2019.3443

Hutagalung, T. (2021). Penerapan Dmaic Dalam Pengendalian Deffect Pada Proses Produksi Kemasan Karton Lipat D Pt Pitu Kreatif Berkah. Journal Printing And Packaging Technology, 2, 8–16. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.32722/Printpack.V2i1

Irawati, D. Y., & Ezrani, O. (2018). Servqual Dan Conjoint Analysis Dalam House Of Quality Untuk Layanan Ojek Online. Jurnal Teknik Industri, 19(1), 82–96. Https://Doi.Org/10.22219/Jtiumm.Vol19.No1.82-96

Kesuma, D. P., & Amelia, L. (2022). Implementation Of Quality Function Deployment Method As An Effort To Improve Service Quality Of University Website. Jatisi (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(2), 1666–1680. Https://Doi.Org/10.35957/Jatisi.V9i2.2621

Lestari, R., Wardah, S., & Ihwan, K. (2020). Analisis Pengembangan Pelayanan Jasa Tv Kabel Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd). Jisi (Jurnal Integrasi Sistem Industri), 7(1). Https://Dx.Doi.Org/10.24853/Jisi.7.1.57-63

Mardhiana, H., Rachmawati, D., Winati, F. D., & Yamani, A. Z. (2022). Implementation Of Quality Function Deployment (Qfd) For Decision Making In Improving Integrated Academic Information System. Intensif: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 6(1), 92–107. Https://Doi.Org/10.29407/Intensif.V6i1.16790

Milunović-Koprivica, S., Bešić, C., & Ristić, O. (2019). Qfd Method Application In The Process Of Hotel Service Quality Improvement. Menadzment U Hotelijerstvu I Turizmu, 7(2), 57–66. Https://Doi.Org/10.5937/Menhottur1902057m

Ningrum, H. F. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Menggunakan Metode Statistical Process Control (Spc) Pada Pt Difa Kreasi. 1(2), 15.

Pakdil, F. (2014). Improving Service Quality In Highway Passenger Transportation: A Case Study Using Quality Function Deployment.

Putri, N., Pujianto, T., & Kastaman, R. (2021). Penerapan Metode Quality Function Deployment (Qfd) Yang Terintegrasi Metode Servqual Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Dalam Kualitas Pelayanan Di Inaka Coffee. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(4), 1037–1050. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jepa.2021.005.04.7

Sari, Y. L. (2021). Analisis Kualitas Sistem Knowledge Management Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus:Pt.Pupuk Sriwidjaja Palembang). Matics, 12(2), 104–110. Https://Doi.Org/10.18860/Mat.V12i2.9567

Simbolon, D. G. A., Larosa, F. G. N., & Rumapea, Y. Y. P. (2022). Penerapan Metode Quality Function Deployment (Qfd) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk Pada Toko Sibayak Ketaren Rotan. Methomika Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 6(1), 40–46. Https://Doi.Org/10.46880/Jmika.Vol6no1.Pp40-46

Sugianto, A., Yuwono, N., & Satriawan, K. (2020). Perancangan Kursi Tangga Menggunakan Metode Quality Function Deployment. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 4(2), 229. Https://Doi.Org/10.24912/Jmstkik.V4i2.7968

Wasono, A. B., Romlan, & Sujinarto. (2009). Teknik Grafika Dan Industri Grafika (Vol. 2). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2023.v17i1.011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats