Analisis Postur Kerja Menggunakan Metode Ovako Work Posture Analysis System (OWAS) Dan Rapid Entire Body Assessesment (REBA) Pada Pekerja Welder Workshop Lembaga Penyiaran

Gimawati Sudibyo, Zulfa Fitri Ikatrinasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko postur kerja pada pekerja Workshop di Lembaga Penyiaran. Kuesioner NMB disebarkan pada masing-masing section kerja, dan ditemukan bahwa pekerja section Welder memiliki nilai tertinggi sebesar 86. Setelah itu, dilakukan analisa lebih lanjut melalui metode analisis REBA dan OWAS, ditemukan bahwa pekerja Welder menghadapi tingkat risiko postur kerja dan tingkat MSDs yang sangat tinggi. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan perancangan alat bantu berdasarkan data antropometri pekerja dan melalui FGD dengan berbagai pihak terkait. Hasilnya menunjukkan bahwa perancangan alat bantu berhasil menurunkan nilai REBA dan OWAS secara signifikan. Pada pekerja Welder 1, nilai REBA menurun dari 11 (sangat tinggi) menjadi 5 (sedang), dan nilai OWAS menurun dari 4 (sangat tinggi) menjadi 2 (sedang). Pada pekerja Welder 2, nilai REBA menurun dari 10 (tinggi) menjadi 3 (rendah), dan nilai OWAS menurun dari 3 (tinggi) menjadi 1 (rendah). Penelitian ini berkontribusi dalam meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di Workshop Lembaga Penyiaran melalui perancangan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan pekerja Welder.


Keywords


OWAS; REBA; Welder; Risiko Postur Kerja

Full Text:

PDF

References


Bintang, A. N., & Dewi, S. K. (2017). Analisa postur kerja menggunakan metode OWAS dan RULA. Jurnal Teknik Industri, 18(01), 43–54.

Brawiansyah, M. R. (2017). Perancangan ulang stasiun kerja untuk para pembatik tulis berdasarkan kenyamanan pekerja dan ilmu ergonomi (Studi kasus: UKM Batik

Putra Laweyan dan Batik Merak Manis) (Skripsi S1). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Colombini, D., Biagiotti, M., & Brandi, M. L. (2019). Ergonomics in manufacturing systems: Principles and applications. Springer.

Dryastiti, P. E. (2013). Hubungan antara beban kerja dengan tingkat keluhan muskuloskeletal pada perawat di Ruang Ratna dan Ruang Medical Surgical RSUP

Sanglah Denpasar (Skripsi S1). Universitas Udayana.

Gillham, B. (2020). Research methods for the social sciences. Sage Publications.

Helmina, Diani, N., & Hafifah, I. (2019). Hubungan umur, jenis kelamin, masa kerja dan kebiasaan olahraga (Skripsi S1). Universitas Mulawarman

Hignett, S., & McAtamney, L. (2000). Entire body assessment (REBA). Applied Ergonomics, 31(2), 201-205.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.

Kuswana, W. S. (2020). Ergonomi dan kesehatan dan keselamatan kerja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardi, N. A., & Perdana, A. (2018). Analisis postur kerja dengan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) dan keluhan subjektif muskuloskeletal pada petani bawang merah di Probolinggo. e-Journal Ivete, 8(1), 1-10.

Nurmianto, E. (2008). Ergonomi: Konsep dasar dan aplikasinya (Edisi kedua). Surabaya: Guna Widya.

Saptadi, S., & Wijanarko, D. (2008). Perancangan meja adjustable dengan memperhatikan postur kerja pekerja manual material handling (Studi kasus di PT. Coca-Cola Bottling Indonesia). Jurnal Teknik Industri, 2(2), 49-63.

Setyowati, F. D. (2016). Analisis ergonomi postur kerja operator mesin press pada industri manufaktur menggunakan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA). Jurnal Manajemen, 22(3), 237-246.

Suhardi, A., et al. (2021). Improvement of work posture in yarn removal operator to reduce risk of musculoskeletal disorders. International Journal of Scientific & Technology Research, 10(2).

Tarwaka, et al. (2004). Ergonomi untuk kesehatan, keselamatan & produktivitas (Edisi I, Cetakan I). Surakarta: UNIBA Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2024.v18i1.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats