Analisis Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Lembaga Pemeriksa Halal Indonesia

Arif Zulkifli, Didi Junaedi, Iwan Roswandi

Abstract


Kehalalan sebuah produk menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi umat muslim dalam mengkonsumsi sebuah produk, karena kewajiban setiap muslim harus sesuai dengan ajaran yang telah ditetapkan yaitu harus mengkonsumsi makanan yang halal dan baik (Toyib). Setiap pelaku usaha harus menjamin kehalalan dari produk yang ditawarkannya sehingga perlu adanya sertifikasi halal. Namun masih banyak pelaku usaha yang belum memiliki sertifikasi halal atas produknya. Saat ini ada banyak Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di Indonesia yang sebelumnya hanya tunggal dilakukan oleh LPPOM MUI. Persaingan ini mengharuskan LPPOM MUI untuk memiliki strategi pemasaran yang kuat agar tetap menjadi lembaga yang dipilih oleh banyak pelaku industri dan pemilik merek mendaftarkan Sertifikasi halalnya melalui LPPOM MUI untuk diteruskan kepada BPJPH. Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasarannya. Bauran 7P terdiri dari beberapa atribut yaitu product, price, promotion, place, process, people, dan physical evidence. Berdasarkan hasil penelitian mengenai bauran pemasaran 7P dapat dilihat bahwa pelanggan memiliki presepsi yang baik terhadap proses registrasi pendaftaran sertifikasi halal di LPPOM MUI DKI Jakarta. Atribut dengan tingkat kepentingan tertinggi menurut hasil analisis yaitu atribut people, process, dan product, sehingga ketiga atribut ini menjadi fokus utama dalam perbaikan strategi pemasaran di LPPOM MUI agar dapat menjadi lembaga yang dipilih oleh para pelaku usaha.

Keywords


Halal; Strategi Pemasaran; Bauran Pemasaran; Lembaga Pemeriksa Halal

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Wahyu, and Andy Herawati. “Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi Pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya).” Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, vol. 2, no. 2, 2018, pp. 309–325.

Adriani, S,. dkk (2018). Analysis of Consumers Perception at the Food Court of Lampung Walk by Using Multidimensional Scaling Approach. Mathematical Education Journal 2(9), 209-2019.

Alexander, Ryxwel, and Anny Nurbasari. “Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi Pada D’dieuland).” JURNAL SEKRETARIS DAN ADMINISTRASI BISNIS, vol. VII, no. 1, 2023, pp. 64–80, https://doi.org/10.31104/jsab.v7i1.293.

Auliya, Anisatul, and Yosephine Mariela. “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Penyelenggaraan Cathay Pacific Travel Fair 2020.” Jurnal Pemasaran Kompetitif, vol. 4, no. 3, 2021, pp. 292–301.

Dewi, P. N., Hendriyani, C., & Ramdhani, R. M. (2021). Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan), 17(2), 6-13.

Ekawati, Septian Saraslina, and Helen Andriani. “STRATEGI BAURAN PEMASARAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT YADIKA PONDOK BAMBU PADA MASA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Medika Hutama, vol. 03, no. 02, 2022, pp. 2073–2083.

Fandy .T. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Hanggraito, Ahmadintya Anggit, et al. “Alternatif Strategi Bauran Pemasaran 7P Museum Batik Yogyakarta.” Urnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, vol. 4, no. 2, 2020, pp. 72–83, https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.50.

Harahap, E, F,. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian

Hartati, Misra, et al. “Proposed Marketing Strategy for Freight Services Based on Consumer Preferences and Perceptions with the Multidimensional Scaling Method.” Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, vol. 6, no. 1, 2020, pp. 53–59.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/20/jumlah-usaha-penyedia-makanan-minuman-di-dki-jakarta-terbanyak-se-indonesia

Ivada, P. A., Hermanianto, J., & Kusnandar, F. (2015). Integrasi Sistem Manajemen ISO 9001, ISO 22000, dan HAS 23000 dan Penerapannya di Industri Pengolahan Susu. Jurnal Mutu Pangan: Indonesian Journal of Food Quality, 2(1), 66-73.

Mairoza, D. (2020). Proposed Marketing Strategy for Freight Services Based on Consumer Preferences and Perceptions with the Multidimensional Scaling Method. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 6(1), 53-59.

Malhotra. K. N. (2010). Riset Pemasaran Pendekata Terapan. Jakarta: PT Indeks.

Martjiono, Ricky, et al. “Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Kakkk, Ayam Geprek!!!” Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, vol. 4, no. 2, 2016, pp. 484–494.

Mohamad, Roni, and Endang Rahim. “STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DALAM PERSPEKTIF SYARIAH.” Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo), vol. 2, no. 1, 2021, pp. 15–26.

Nabila, Farah. ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX 7P DALAM UPAYA MENARIK MINAT CUSTOMER Di HOTEL NAMIRA SYARIAH PEKALONGAN DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN ISLAM. 2020.

Nahar, J. (2016). Penerapan Metode Multidimensional Scaling dalam Pemetaan

Naresh K. Malhotra (2010). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Jakarta: PT Indeks.

Nurmaydha, A., Sucipto, S., & Mustaniroh, S. A. (2018). Pengembangan Konsep Model Sistem Jaminan Halal pada Restoran (Studi Kasus UNIDA Gontor Inn Universitas Darussalam Gontor). Jurnal Teknologi Pertanian, 19(3), 141-152.

Rangkuty, F. (2002). Creating Effective Marketing Plan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rosita, Rossa Dea. ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI LUWAK PADA KOPI LUWAK MATARAM, BANTUL. 2019.

Safitri, K. I., & Kumalasari, I. D. (2022). Implementasi Sistem Jaminan Halal Produk Livia Catering Berdasarkan HAS 23000. JURNAL TEKNOLOGI PERTANIAN, 11(2), 139-146.

Sarana Kesehatan di Jawa Barat. Jurnal Matematika Integratif. Vol.12, No.1, pp. 43-50.

Sopian, and Hermawan. “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pada STIE Gici Business School Bogor.” Sosio E-Kons, vol. 15, no. 1, 2023, pp. 103–117, http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v15i1.16952.

Syahputra, Muhammad, et al. “Menganalisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Pembelian Sertifikat Laik Operasi Tegangan Rendah (SLO-TR).” Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), vol. 4, no. 4, 2023, p. 1274−1282, https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3418.

Thaheer, H., Hasibuan, S., & Mumpuni, F. S. (2015). Model resiko keamanan pangan produk pindang pada UMKM pengolahan ikan rakyat. Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 9(3), 182882.

Wahyuni, D., Nazaruddin, N., Frastika, S. A., & Budiman, I. (2021). Performance measurement of Tempeh crackers supply chain management using Halal criteria on SCOR Model. In E3S Web of Conferences (Vol. 332, p. 04002). EDP Sciences.

Wulan , Wira Setyo, et al. “PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Restoran Kayu Manis Tuban) .” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 38, no. 2, 2016, pp. 176–183.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2023.v17i3.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats