Integrasi Seven Tools dan Quality Function Deployment untuk Meningkatkan Kualitas Produk Kain Ecoprint pada UMKM Nurari Ecocraft

David Andrian, Lilis Nurhayati

Abstract


Indonesia sebagai negara tropis mempunyai keberagaman jenis tanaman yang menghasilkan keunggulan bagi produk ecoprint. Ecoprint, teknik pencetakan motif alam pada berbagai media, seperti kain dan kertas, menjadi daya tarik khusus. Penelitian ini memusatkan perhatian pada UMKM Nurari Ecocraft yang menghasilkan ecoprint pada kain dan kulit untuk industri fashion. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan factor-faktor yang menyebabkan kegagalan dalam peningkatan kualitas produksi kain ecoprint dimana produk yang dihasilkan tidak sesuai harapan pelanggan. Penerapan metode Seven Tools dan QFD digunakan untuk meningkatkan kualitas produksi kain ecoprint, sehingga dapat diterima oleh pelanggannya. Melalui analisis Seven Tools, terungkap bahwa warna pudar menjadi cacat dominan dengan 33% dari jenis cacat total. Penyebabnya terletak pada ketelitian dan keahlian sumber daya manusia pada tahap pewarnaan, di mana ukuran zat warna alam dan lama pencelupan tidak sesuai ketentuan. Hasil analisis QFD menyarankan peningkatan kualitas kain ecoprint dengan menggunakan bahan baku seperti daun jati dan daun bertanin tinggi untuk mendapatkan warna kontras dan motif yang tajam sehingga dapat mengatasi cacat dominan pada produk ecoprint. Solusi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing produk di pasar industri tekstil.


Keywords


Ecoprint; Seven Tools; Quality; QFD

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A. (2018). Kerajinan batik dan pewarnaan alami. Endogami: Jurnal ilmiah kajian antropologi, 1(2), 136-148.

Alfakihuddin, M. L. B., Zakiyyah, N. H., & Praditha, O. (2022). Strategi pengembangan bisnis ramah lingkungan dalam merebut pasar di era circular economy. Paper presented at the Prosiding Seminar Teknologi, Akuntansi, Bisnis, Ekonomi, dan Komunitas.

Alrasid, S. F. V., & Widihastuti, W. (2022). Pengaruh Teknik Pounding, Steaming, Dan Iron Blanket Terhadap Hasil Pewarnaan Motif Eco Print Menggunakan Daun Jati (Tectona grandis) PADA KAIN LINEN. Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi, 11(2).

Asy’ari, M. F., & Amalia, Y. T. (2022). Sisi Gelap Multinational Corporation (MNC) Fast Fashion: Implikasi Terhadap Keamanan Lingkungan. Jurnal Multidisiplin West Science, 1(02), 164-180.

Bernadette, S., Permatasari, B. Y., & Roennfeld, S. A. (2022). Analisis Terhadap Kampanye Persuasif Zero Waste Indonesia Terhadap Pemahaman Ideologis Komunitas# Tukar Baju di Instagram. TheJournalish: Social and Government, 3(4), 325-335.

Fitria, S., & Yustisya, P. Z. (2021). Urgensi Produks Batik Ramah Lingkungan Dalam Menembus Potensi Pasar Internasional. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik.

Hadi, I. S. (2017). Penerapan Quality Function Deployment Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk Kain Batik Tulis Pada Sanggar Batik Seblang Banyuwangi.

Herlina, M. S., Dartono, F. A., & Setyawan, S. (2018). Eksplorasi eco printing untuk produk sustainable fashion. Ornamen, 15(2).

Hikmah, A. R., & Retnasari, D. (2021). Ecoprint sebagai alternatif peluang usaha fashion yang ramah lingkungan. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1).

Khomsatin, S., Nisa, A. K., & Chintya, S. A. (2023). Teknik Pembuatan Ecoprint dan Pemanfaatannya Untuk Bucket Hat. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4506-4511.

Kühle, S., Teischinger, A., & Gronalt, M. (2019). Connecting product design, process, and technology decisions to strengthen the solid hardwood business with a multi-step quality function deployment approach. BioResources, 14(1), 2229-2255.

Nugroho, B. D., & Anis, I. M. (2019). Perancangan Canting Elektrik Batik Tulis Untuk Meningkatkan Efisiensi Di Griya Batik Brotoseno. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nuraini, F. U., & Hendrawan, A. (2021). Pengaplikasian Teknik Eco Print Dengan Memanfaatkan Kulit Jengkol. eProceedings of Art & Design, 8(6).

Nurhayati, L., Purba, L. P., Wibowo, D. P., & Imu, F. A. (2023). Pengembangan Kreatifitas Melalui Pelatihan Ecoprint Untuk Mendorong Industri Kreatif Di Bendul Merisi Wonocolo Surabaya. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1193-1201.

Nuryanto Arief, W. (2018). Pengendalian Kualitas Produk Baju Kerja Perawat Untuk Meminimasi Jumlah Produk Cacat Dengan Metode Seven Tools (Studi Kasus CV. Laras Mitra Sejati).

Pressinawangi, K., Nissa, R., & Widiawati, D. (2014). Eksplorasi teknik ecoprint dengan menggunakan limbah besi dan pewarna alami untuk produk fashion. Bandung Institute of Technology.

Putra, K. R., Muslimin, M., & Efendi, I. B. (2022). Identifikasi Dan Peningkatan Kualitas Produk Furniture Pada Pt. Cipta Oggi Furindo. Paper presented at the SEMINAR NASIONAL FAKULTAS TEKNIK.

Widyaningtyas, C. Implementasi Green Marketing Pada Ukm Sebagai Upaya Memasuki Pasar Internasional.

Nurhayati, L., Rafael, I., Novianti, N., & Jeremy, J. (2022). Pelatihan Ecoprint Pada Media Kain Mendorong Ekonomi Kreatif Di Lingkungan Paroki Saktamen Maha Kudus Surabaya. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 43-52.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2024.v18i1.004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats