Optimasi Pelayanan Kasir: Simulasi ARENA dan Quality Function Deployment untuk Meningkatkan Efisiensi di Kafe Hagami Tangerang

Fajar Mudzakkir, Nur Fakhri Nugraha, Taufik Taufik

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengoptimalisasi layanan kasir di Kafe Hagami Tangerang dengan memberikan rekomendasi terhadap sistem antrian pada saat peak time. Metode penelitian menggabungkan Quality Function Deployment (QFD) dan Discrete Event Simulation (DES), yang akan diimplementasikan melalui perangkat lunak simulasi ARENA. Hasil awal dari kuesioner dengan 100 responden, 56% perempuan dan 44% laki-laki, usia 18-45 tahun, menunjukkan 53% responden tidak puas dengan kecepatan layanan di kafe tersebut. Customer needs yang diidentifikasi melalui QFD menyoroti Pelayanan Cepat dan Opsi Pemesanan & Pembayaran Digital sebagai prioritas utama dengan masing masing bobot sebesar 19%. Hasil analisis dengan software ARENA selama peak time pada jam 18.00-21.00 menunjukkan bahwa Skenario 3, yang melibatkan penggunaan barcode pada setiap meja, berhasil melayani 85 pelanggan dengan tingkat keberhasilan 50%. Rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi layanan kasir di Kafe Hagami Tangerang pada jam sibuk.


Keywords


Kafe Hagami; Waktu Tunggu; QFD; Arena

Full Text:

PDF

References


Afifah, N. P. (2021). Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention Coffeeshop V-Coffee Kota Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Agyei, W., Asare-Darko, C., & Odilon, F. (2015). Modeling and analysis of queuing systems in banks:(A case study of Ghana Commercial Bank Ltd. Kumasi Main Branch). International Journal of Scientific & Technology Research, 4(07), 160-163.

Amelia, M. C. (2023). Analisis Sistem Antrean Pada Pelayanan Go-Food Dan Pelayanan Offline Di Bakso Gepeng Pak Wanuri (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).

Benner, M., Linnemann, A. R., Jongen, W. M. F., & Folstar, P. (2003). Quality Function Deployment (QFD)—can it be used to develop food products?. Food Quality and Preference, 14(4), 327-339.

Cravens, D. W. (1996). Pemasaran strategis. Jakarta: Erlangga.

Haile, M., & Kang, W. H. (2019). The role of microbes in coffee fermentation and their impact on coffee quality. Journal of Food Quality, 2019.

Hauser, J. R., & Clausing, D. (1988). The house of quality.

Hofmeister, K. R. (1991). Quality function deployment: market success through customer-driven products. Food Product Development–From Concept to the Marketplace. Chapman & Hall, New York, cap, 9, 189-210.

Imansuri, F. (2022). Perancangan Model Simulasi Dan Perbaikan Sistem: Studi Kasus Pelayanan Perbankan. Journal of Industrial & Quality Engineering p-ISSN, 2303, 2715. DOI 10.34010/IQE.V10I1.5315

Law, A.M. (2007). ‘Simulation Modeling and Analysis, 4th ed.’. McGraw-Hill.

Kelton, W. D., Sadowski, R. P., & Sadowski, D. A. (2002). Simulation with ARENA. McGraw-Hill, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga, 27.

Melinda, I. D., Marpaung, S. T., & Liquiddanu, E. (2018). Analisis sistem antrian restoran cepat saji McDonald’s dengan menggunakan simulasi Arena. In Seminar dan Konferensi Nasional IDEC. Surakarta, tanggal (pp. 7-8).

Murti, K. B., Sulistya, L. D., & Liquiddanu, E. (2018). Simulasi Model Antrian Kasir Alfamart Pucangsawit Menggunakan Software Arena. In Seminar dan Konferensi Nasional IDEC (pp. 110-119).

Purnomo, B. H., Suryadharma, B., & Ekasari, N. Y. (2021). Model Sistem Antrian Pada Pelayanan Restoran Cepat Saji (Studi Kasus di KFC Gajah Mada Kabupaten Jember). Jurnal Agroteknologi, 15(01), 40-58.

Puspanegara, E. L., Lomi, A., & Hutabarat, J. (2020). Simulasi Penjadwalan Teller PT Bank ABC Untuk Memangkas Waktu Tunggu Antrian Nasabah. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 6(1), 1-5.

Ratnasari, S., Rahadian, N., & Liquidannu, E. (2018). Pemodelan dan simulasi sistem antrian pelayanan konsumen gerai MCD Solo Grand Mall dengan Arena. In Pros. Semin. dan Konf. Nas. IDEC (pp. 7-8).

Tika, D. (2021). Analisis Model Antrian M/M/1 Untuk Meningkatkan Pelayanan Kasir Di Toko Swalayan Omi Cempaka Indah Jakarta Pusat (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2024.v18i1.006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats