STUDI PERENCANAAN STRATEGIS DENGAN PENDEKATAN QSPM PADA INDUSTRI MINUMAN SARIBUAH
Abstract
Salah satu industri pengolahan telah mengembangkan jenis minuman buah yang populer dengan harga jual yang sangat kompetitif dan harga jual yang rendah yang timbul di antara banyak merek lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang penting, merumuskan strategi, serta memprioritaskan yang paling tinggi. Strategi metode yang digunakan meliputi SWOT dan QSPM, Quantitative Strategic Planning Matrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IFE Matrix menunjukkan ketidakmampuan untuk mengatasi kelemahan. Matriks EFE menunjukkan infektivitas untuk memanfaatkan peluang dan meminimalkan dampak ancaman di industri ini. Berdasarkan Matriks IE, ditunjukkan bahwa industri berada pada tahap pertumbuhan dan stabilitas. Diperlukan strategi untuk merumuskan dan menerapkan penetrasi dan pengembangan produk. Prioritas strategi meliputi peningkatan pemasaran ke konsumen dan distributor dengan melakukan pemeriksaan kualitas produk, meningkatkan daya saing melalui kualitas dan pelayanan konsumen, serta mengoptimalkan bahan baku dan meminimalkan biaya produksi
Keywords
Minuman Buah, Strategi, SWOT, QSPM, IFE, EFE
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/
This journal is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.