PERANCANGAN LEMARI PENYIMPANAN ERGONOMIS SEBAGAI PENERAPAN METODE 5S PADA DIVISI PEMBUBUTAN DI CV.TJOKRO BERSAUDARA CABANG TANGERANG

Yorvan Oktavianus, Natalia Hartono

Abstract


CV Tjokro Bersaudara merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi alat-alat industri berbahan logam dan  non logam yang memiliki banyak cabang, salah satunya adalah cabang Tangerang. Pada cabang Tangerang ini, kualitas lingkungan kerja kurang mendapatkan perhatian.. Setiap peralatan dan komponen yang ada di lemari penyimpanan mesin bubut dibiarkan bercampur sehingga menyulitkan pekerja dalam mencari peralatan dan komponen yang diinginkannya. Selain itu, pekerja juga terpaksa mencari peralatan dan komponen tersebut dalam kondisi membungkuk atau jongkok sehingga sangat buruk dari segi ergonomi. Untuk itulah dilakukan penelitian untuk merancang lemari penyimpanan yang ergonomis untuk meletakkan setiap peralatan dan komponen sebagai bagian dari penerapan 5S. Dilakukan pendataan terhadap peralatan dan komponen yang dipakai untuk mesin bubut serta mengukur dimensi masing-masing alat dan komponen. Dilakukan juga perhitungan ukuran lemari penyimpanan dengan menggunakan data antropometri masyarakat Indonesia berjenis kelamin laki-laki dengan persentil 50 persen untuk ukuran tinggi siku dan persentil 5 persen untuk ukuran panjang genggaman tangan ke depan, dan ukuran tinggi bahu. Panjang lemari penyimpanan yang dirancang akan berukuran 128 cm, lebar lemari penyimpanan bagian horizontal berukuran 65 cm, lebar lemari penyimpanan bagian vertikal berukuran 25 cm, dan ketinggian lemari penyimpanan adalah 100 cm dari lantai. Dirancang lemari penyimpanan dengan ukuran tersebut yang dapat memberikan tempat untuk setiap peralatan dan komponen yang ada sehingga tidak bercampur satu sama lain sesuai prinsip metode 5S.


Keywords


lemari penyimpanan, ergonomis, rapi, terorganisir, metode 5S.

Full Text:

PDF

References


Chengalur, Somadepti N et al. 2004. Kodak’s Ergonomic Design For People at Work 2nd edition. New Jersey : John Wiley and Sons Inc.

HungLin,Chi.“5S Implementation in Wang Cheng Industry Manufacturing Factory in Taiwan.” A Research Paper Submitted in Partial Fullfillement of the Requirements for the Master of Science Degree in Technology Management., University of Wisconsin-Stout, 1985.

Imai, Maasaki. 1992. Kaizen (Kunci Sukses Jepang Dalam Persaingan) ed. 2. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Nurminato, Eko. 2003. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya : Guna Widya

Nurmianto, Eko. 1991. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya : Prima Printing

Tjokro Group. 2018. Profil dan Sejarah Perusahaan. https://tjokrogroup.com/history.html (accesed 16 Juni ,2019).

Wignjosoebroto, Sritomo. 2003. Pengantar Teknik dan Manajemen Industri. Surabaya: Guna Widya.

Wignjosoebroto, Sritomo. 2008. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Jakarta : Guna Widya




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2019.v13i3.002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats