PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT POWER POINT UNTUK GURU SMP 215 JAKARTA

Sabar Rudiarto, Sukma Wardhana, Saruni Dwiasnati

Abstract


Guru dan Staff SMP 215 Jakarta saat ini dituntut bersifat dinamis terhadap perkembangan teknologi yang sangat berkembang pesat agar peserta didiknya mampu berkompten dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia seperti aplikasi powerpoint pada office. Pelatihan Microsoft Power Point yang telah di laksanakan ini ditujukan kepada para guru untuk dapat di manfaatkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan tentang pembuatan media pembelajaran multimedia yang interaktif dan atraktif menggunakan program Power Point. Teknik dalam pelatihan yang kami lakukan ini memberikan seminar berupa pelatihan kepada guru dan staf pada sekolah tersebut sebagai penambahan pendalaman materi microsoft powerpoint agar memberikan skill pada aplikasi powerpoint  yang terdapat pada bagian Microsoft Office menggunakan metode zoom dalam penyampaiannya. Dengan dikuasainya media pembelajaran Microsoft Power Point oleh para guru diharapkan dapat menjadikan Power Point sebagai sarana dalam proses penyajian presentasi sehingga dapat memaksimalkan peran serta para guru dalam kegiatan yang dilaksanakan proses belajar mengajar dilingkungan sekolah pada saat pandemi ini. Pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan beberapa kemajuan kepada para guru dan staff  untuk dapat lebih memahami lagi tentang tata cara pembuatan dan penggunaan powerpoint untuk membuat presentasi ke anak didiknya agar lebih menarik dalam proses belajar mengajar baik proses belajar mengajar yang online atau tatap muka nanti setelah program pemerintah telah usai.


Full Text:

PDF

References


Ainin, Moh, Mohammad Ahsanuddin, and Imam Asrori. 2019. “Pelatihan Powerpoint Bagi Guru Bahasa Arab MTs Kota Dan Kabupaten Kediri.” Al-khidmah.

Ardiansah, Feri, and Diah Rina Miftakhi. 2019. “PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT BAGI TENAGA PENDIDIK PAUD HIMPAUDI KECAMATAN GABEK KOTA PANGKALPINANG Feri

Ardiansah 1 , Diah Rina Miftakhi 2.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.

Falahudin, Iwan. 2014. “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Edisi 1 No. 4, Oktober – Desember. p.104 – 117.

Nurhidayati, Nurhidayati, Imam Asrori, Mohammad Ahsanuddin, and M. Wahib Dariyadi. 2019. “PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DAN PEMANFAATAN APLIKASI ANDROID UNTUK GURU BAHASA ARAB.” Jurnal KARINOV.

Setiawan, Budi, and Endro Purnomo. 2016. “PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DENGAN POWERPOINT DAN WONDERSHARE UNTUK PENGEMBANGAN SOFT SKILLS SISWABAGI GURU SD &TK1).” Warta LPM.

Shedriko, Shedriko, Heri Satria Setiawan, and Kusmayadi Kusmayadi. 2018. “Pelatihan Perangkat Lunak Powerpoint Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Dan SMP 19 Muhammadiyah Sawangan Depok.” Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat.

Supriadi, N. 2015. Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–109.

Rusli, Muhammad, Edy Winarso, and Darani Putri. 2020. “Pelatihan Microsoft Powerpoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13626

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13626.g5552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: