Marketplace Shopee Sebagai Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing Promosi Penjualan Bagi UMKM Di Kecamatan Kembangan
Abstract
Dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 termasuk Indonesia. Himbauan untuk mencegah mata rantai penyebaran virus ini mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri di rumah memperkecil mobilisasi pergerakan. Hal ini berdampak pada ketidakstabilan ekonomi dan salah satu yang terdampak adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Marketplace Shopee merupakan salah satu marketplace yang sedang berkembang di Indonesia. Marketplace Shopee saat ini dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk promosi penjualan agar minimal bisa stabil bahkan berharap lebih meningkat di bandingkan sebelum adanya pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi untuk mendongkrak daya saing promosi penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan langkah eksploratif dengan teknik observasi partisipatif dan wawancara terhadap 20 UMKM di Kecamatan Kembangan. Covid-19 berdampak pada keberlangsungan UMKM di mana rata-rata penjualan UMKM mengalami penurunan selama pandemi. Dengan demikian, dibutuhkan strategi yang tepat untuk mempromosikan produk penjualan selama pandemi.Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah banyak UMKM yang semakin mengetahui bahwa marketplace banyak memberikan kemudahan, keuntungan, dan laba unuk mempromosikan penjualannya.
Full Text:
PDFReferences
Camila Azhar Ramadhanty, et all. (2021). Strategi Digital Marketing UKM Terdampak Covid-19 di Kelurahan Sidorejo Temanggung. ABDIPRAJA(Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol 2, No 1 Maret 2021.
Hardilawati, W.L. (2020). Strategi Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika Vol. 10, No. 1 Juni 2020. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae diakses 15 Agustus 2020.
IMF (International Monetary Fund). (2020). A Crisis Like No Other, An Uncertain Recovery. https://www.imf.org/en/Publications/WEO/Issues/2020/06/24/WEOUpdateJune2020 diakses pada 22 Agustus 2020 Diakses 18 Agustus 2020.
Muzdalifah, L., Novie, M., & Zaqiyah, S. (2020). Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital Di Era Pandemi Covid 19 Dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 4, pp. 2200–2208).
Pratomo, A., Najwaini, E., Irawan, A., & Risa, M. (2018). Optimasi ECommerce Dengan Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Ukm Nida Sasirangan. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(1), 35. https://doi.org/10.31961/impact.v1i 1.615
Prayogo, F., & Nurdian, Y. (2020). Resureksi Bawang Goreng Produk Unggulan Sumberdadap Tulungagung di Tengah Pandemi. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 145–149. https://doi.org/10.21107/pangabdhi .v6i2.8278
Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Susanto, A., Sari, C. A., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42–51.
Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Ilmiah Komputer. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 6(2), 43–48.
Ramadani, Nico. (2020). UMKM Pengertian dan Perannya dalam Ekonomi!. (Online). https://www.akseleran.co.id/blog/umkm-adalah/ diakses 10 November 2020
Profil kota administrasi Jakarta Barat. (online) http://barat.jakarta.go.id/?p=geografis diakses 10 November 2020
Bantuan google profil Bisnis. (online) https://support.google.com/business/?hl=id#topic=4539639 diakses 10 November 2020
Cara merubah alamat digoogle bisnis. (online) https://www.carago.id/cara-merubah-alamat-di-google-business/ diakses 10 November 2020
Vitus Polikarpus Surung Manullang. (2028) Verifikasi alamat google bisnisku. (online). https://www.youtube.com/watch?v=MlwrpXrIrJk diakses 10 November 2020
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i1.15898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: