PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH KAIN PERCA

Popy Yuliarty, Saruni Dwiasnati, Bonitasari Nurul Alfa, Atiek Ike Wijayanti

Abstract


Mata pelajaran Prakarya di Sekolah bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan pelbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung memengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Luarannya diharapkan mampu mendidik siswa terampil dalam berbagai hal serta menumbuhkan jiwa wirausaha yang tentunya bermanfaat bagi mereka dalam hal  peningkatan ekonomi keluarga.Pihak mitra yang telah terikat kerjasama dalam bentuk agrrement, menyambut baik kegitan ini dengan harapan melaluai kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa.Metode pelaksanaan dilakukan secara langsung berupa penyampaian materi dan praktek langsung tentang keterampilan seniu kreatif berupa tas dari anyaman pandan. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada para peserta untuk menilai kegiatan ini dengan hasil rata-rata adalah 4,9 dari skala 5 yang artinya sudah termasuk pada katagori sangat memuaskan. Kegiatan PPM ini dapat dilanjutkan dengan tema-tema atau topik-topik yang mendukung pelajar untuk dapat perduli kepada lingkungan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang di dapat di sekolah maupun dari sumber luar sekolah seperti Perguruan Tinggi.Luaran dari kegiatan ini adalah upload pada Youtube, publikasi pada media masa dan Jurnal Pengbdian Masyarakat.


Full Text:

PDF

References


D. S. H. Nuswantari, S. S. H. K, and R. M. Effendy, PRAKARYA : KERAJINAN Buku

Panduan Guru, 2nd ed. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.

P. N. Suci., Dewi.Sri.Handayani., Y. Erni., and S. Undra, Prakarya Jilid 1, Cetakan ke. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

I. Suci Paresti, Dewi Sri Handayani Nuswantari, Sukri and Chaerudin., Prakarya Kelas 8 Semester 1, 2nd ed. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2017. [Online]. Available: https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/k13/bukusiswa/Kelas 8 Prakarya BS Sem 1 press.pdf

G. P, “Fungsi Seni Beserta Pengertian Dan Jenisnya,” 2020. [Online]. Available: https://www.gramedia.com/literasi/fungsi-seni/#:~:text=Fungsi utama seni%2C yakni untuk,seni bagi masyarakat secara sosial.

D. Susanti, “Seni,Pondasi Kecerdasan Anak.” Inikalteng.com, Kalimantan Tengah, 2023. [Online]. Available: https://www.inikalteng.com/seni-pondasi-pengembangan-kecerdasan-anak/

R. E. Yulianto, “PENDIDIKAN SENI UNTUK MEMBENTUK MANUSIA IDEAL PADA SEKOLAH UMUM Program Studi Pendidikan Seni S2 Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,” J. Imajin. UNNES, vol. 14, no. 1, pp. 17–23, 2020, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi

K. P. Sari, Neviyarni, and Irdamurni, “PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI ANAK SD DEVELOPMENT OF CREATIVITY AND SELF-CONCEPT OF CHILDREN PENDAHULUAN Kreativitas merupakan suatu digali Seorang anak sebaiknya sejak dini Kreativitas dalam tuntutan pendidikan dan kehidupan yang penting pada,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. VII, no. 1, pp. 44–50, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7371/3614

T. Larangan, I. Limbah, B. Berbahaya, and D. A. N. Beracun, Tentang larangan impor limbah bahan berbahaya dan beracun (b3), no. 520. 2003, pp. 11–12. [Online]. Available: kemenperin.go.id

R. Anggraini and P. Yuliarty, “PELATIHAN MEMBUAT HANTARAN PERNIKAHAN PADA IBU-IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN,” Ind. Inov. J. Tek. Ind., 2019, doi: 10.36040/industri.v9i2.367.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, “Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.” p. 112, 2022. [Online]. Available: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220215_093900_Salinan Kepmendikbudristek No.56 ttg Pedoman Penerapan Kurikulum.pdf

Dr.H.A.Zaki Mubarak, Desain Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, 1st ed. Tasikmalaya: Pustaka Turats, 2022. [Online]. Available: https://pesantren.co.id

S. Eliyani, Rudiarto et al., “WEBINAR PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN ONLINE,” vol. 3, no. 1, pp. 49–58, 2023, [Online]. Available: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/pemanas/article/view/19825/6983

P. M.Taufik Amir, Merancang Kuisioner : Konseo dan Panduan untuk penrlitian Sikap,Kepribadian & Perilaku, 2nd ed. Jakarta: Kencana, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v3i2.21700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: