EFISIENSI POWER ENGINE TRUCK PERGERAKAN DINAMIS DENGAN MENGUBAH RATIO FINAL GEAR PADA TRUCK KAPASITAS 30 TON

Hadi Pranoto

Abstract


Final Gear terdiri dari pinion gear dan ring gear, yang terletak di dalam differential atau gardan. Terdapat hubungan antara final gear pada pinion gear dengan efisiensi daya / power engine kendaraan atau truck. Daya/Power Engine pada truck dinyatakan dalam satuan hp dimana Power yang dibutuhkan kendaraan di pengaruhi oleh daya tahanan gelinding, daya tahanan udara, daya tahanan kelandaian, daya energi kinetis dan daya internal engine. Awal penelitian dimulai dengan pemilihan jenis pinion gear baik dari sisi harga, material, jumlah gigi, suku cadang dan kesesuaian dengan pasangannya. Dari hasil pemilihan tersebut ada 2 jenis dari 3 jenis pinion gear yang ada di pasaran dan 2 jenis tersebut menjadi sample penelitian. Yaitu jenis pinion gear dengan jumlah gigi 11 dan jumlah gigi 12. Sedangkan pasangannya yaitu ring gear dengan jumlah gigi 37. Dalam penelitian efisiensi power engine truck kapasitas 30 ton ini dikondisikan dengan 3 variasi grade jalan ( 4%, 6% dan 8%) dalam 3 kali pengujian. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh hasil bahwa gigi pinion dengan jumlah 11 memiliki efisiensi power engine 68,5 %, sedangkan untuk gigi pinion jumlah 12 memiliki efisiensi power engine 65,1 %. Jadi kesimpulannya gigi pinion dengan jumlah 11 lebih efisien 3,4 % dibanding dengan gigi pinion dengan jumlah 12. Sehingga gigi pinion jumlah 11 mampu menghemat tenaga engine dan menghemat konsumsi bahan bakar engine.

Keywords


Final Gear; Pinion Gear; Power Engine

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/sinergi.2015.1.008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SINERGI
Published by:
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1410-2331
e-ISSN: 2460-1217
Journal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/sinergi
Journal DOI: 10.22441/sinergi

Creative Commons License

Journal by SINERGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: