PERBANDINGAN PENILAIAN SAHAM DENGAN METODE ANALISIS FUNDAMENTAL DAN ANALISIS TEHKNICAL, PENGGORENGAN SAHAM, SERTA KEPUTUSAN PENILAIAN SAHAM JIKA HASIL BERLAWANAN ARAH UNTUK KEDUA METODE ANALISIS PADA SAHAM BAKRIE GROUP UNTUK PERIODE 2005- 2009

Miranti Harwaningrum

Abstract


Beberapa tahun belakangan ini, dunia investasi mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat dari data rata-rata perdagangan saham yang dimiliki oleh Bapepam. Salah satu jenis instrumen investasi yang sering diminati oleh investor adalah saham. Apabila dibandingkan dengan obligasi, saham memiliki expected return yang lebih tinggi. Namun, saham memiliki resiko yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan obligasi. Untuk melakukan penilaian saham ada dua analisis yang dapat dilakukan, yaitu fundamental analysis dan technical analysis. Untuk menentukan harga saham yang tepat bagi sebuah perusahaan, terlebih dahulu harus memproyeksikan dividen dan earning yang diharapkan dari sebuah perusahaan. Inilah inti dari analisis fundamental, yaitu menentukan sebuah nilai perusahaan seperti earning yang diharapkan (Bodie, Kane, Marcus, 2009). Analisis fundamental terbagi menjadi tiga bagian besar. Namun dalam penelitian ini Analisis perusahaan akan menjadi fokus utama. Selain analisis fundamental, investor dapat melakukan penilaian saham dengan menggunakan technical analysis. Analisis teknikal adalah teknik untuk memprediksi arah pergerakan harga saham dan indikator pasar saham lainnya berdasarkan pada data pasar historis (Tandelilin, 2010). Analisis teknikal umumnya mencari pola yang terjadi berkali-kali pada harga saham (Bodie, Kane, Marcus, 2009). Permasalahan terjadi ketika analisis fundamental dan analisis teknikal tidak memberikan hasil yang searah tapi memberikan hasil yang berlawanan. Permasalahan ini yang akan dibahas oleh peneliti dan dikaitkan dengan beberapa perusahaan, yaitu Seven Brothers (Grup Bakrie).

 

Kata kunci : Analisis Fundamental, Analisis technical, penggorengan saham, dan keputusan penilain saham jika hasil berlawanan arah. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.