ANALISIS VALUE CHAIN DI INDUSTRI OTOMOTIF

Hendri Hendri

Abstract


Penelitian ini untuk menganalisis industri otomotif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui aktivitas dan kondisi internal proses industri manufaktur dengan menggunakan value chain guna masukan  dimasa akan datang bagi industri otomotif secara khusus. Value Chain merupakan rantai nilai yang dapat mengetahui kekuatan perusahaan, keuntungan dan kesuksesan dari rantai aktivitas  dalam perusahaan atau industri manufaktur.Metode analisis menggunakan Statistika Deskriptif gunakan untuk menggambarkan kondisi aktivitas: inbound logistic, operations, outbound logistics,  marketing atau sales dan service, procurement, technological development, human resources management dan general admistration yang dilakukan oleh industri otomotif.Hasil penelitian ini telah dapat mengetahui bahwa  industri otomotif khususnya Denso Indonesia dari 9 aktivitas internal telah melakukan 7 aktivitas internal sangat baik yakni aktivitas: inbound logistic, outbound logistics, marketing/sales, service, procurement, human resources management dan general admistration Namun masih ada 2 aktivitas masih dilakukan dengan aktivitas sedang yakni: operations dan technological development.

 

Kata Kunci: Value chain dan industri manufaktur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PASTI
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

Creative Commons License

Journal by PASTI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.