Pengembangan Aplikasi Helpdesk Ticketing System Dengan Algoritma Multinomial Naïve Bayes Classifier
Abstract
PT FGS Infotama merupakan perusahaan penyedia jasa Aplikasi Online Trading yang tidak hanya fokus pada implementasi tahap awal, melainkan beberapa hal penting lainnya, seperti pelatihan, pengembangan, perawatan dan sosialisasi terkait dengan software yang diterapkan. Saat ini keluhan diterima melalui email, telepon maupun whatsapp sehingga relatif sulit dalam mengelola keluhan yang masuk. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat helpdesk ticketing system yang dilengkapi dengan klasifikasi tingkat urgensi keluhan, dan beberapa fitur lain seperti Frequently Asked Question, News yang berisi infomasi ke klien dari Perusahaan, dan Notifikasi tiket masuk dan ketika tiket telah diselesaikan. Metode yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah metode Waterfall, sementara algoritma yang digunakan untuk mengklasifikasi keluhan adalah Multinomial Naive Bayes Classifier. Algoritma ini diimplementasikan pada form create ticket. Aplikasi dikembangkan berbasis web. Setelah dilakukan pengujian, didapatkan hasil akurasi data yang berasal dari email sebesar 61.90% dan hasil akurasi dari data yang berasal dari whatsapp sebesar 73.6%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
H. F. R. Wahyudi, “Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing Dengan Penerapan Algoritma Forward Chaining (Studi Kasus: PT Idemas Solusindo Sentosa),” J. Ilmu Tek. dan Komput., vol. 4, no. 1, p. 88, 2020, doi: 10.22441/jitkom.2020.v4.i1.010.
S. Syofian and A. Winandar, “Aplikasi Helpdesk Mendukung Sistem Ticketing,” J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/JTI/article/view/264/239.
R. M. Bahrudin, M. Ridwan, and H. S. Darmojo, “Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penanganan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web,” Jutis, vol. 7, no. 1, pp. 71–82, 2019.
L. Mazia, L. A. Utami, F. K. Bintang, S. Informasi, C. Melayu, and J. Timur, “Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Berbasis Web pada PT . Mitra Tiga Berlian Bekasi,” vol. 6, no. 1, pp. 85–89, 2021.
R. N. Wardhani, M. C. Utami, and I. Y. Saputra, “SISTEM INFORMASI HELPDESK TICKETING PADA PT. BANK MEGA Tbk,” J. Ilm. Matrik, vol. 22, no. 2, pp. 201–207, 2020, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v22i2.868.
A. Alfian, Y. N. Dewi, F. W. Fibriany, H. Rianto, and A. M. Sari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Ticketing Helpdesk pada DPMPTS Pemprov DKI Jakarta,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 2, p. 334, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i2.2114.
S. I. Adam, J. H. Moedjahedy, and O. Lengkong, “Pengembangan IT Helpdesk Ticketing Sistem Berbasis Web di Universitas Klabat,” CogITo Smart J., vol. 6, no. 2, p. 217, 2020, doi: 10.31154/cogito.v6i2.273.217-228.
L. M. Siniwi, A. Prahutama, A. R. Hakim, D. Statistika, and U. Diponegoro, “QUERY EXPANSION RANKING PADA ANALISIS SENTIMEN MENGGUNAKAN KLASIFIKASI MULTINOMIAL NAÏVE BAYES (Studi Kasus : Ulasan Aplikasi Shopee pada Hari Belanja Online Nasional 2020) 1, 2, 3,” vol. 10, pp. 377–387, 2021.
A. H. Setianingrum, D. H. Kalokasari, and I. M. Shofi, “Implementasi Algoritma Multinomial Naive Bayes Classifier,” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 109–118, 2018, doi: 10.15408/jti.v10i2.6822.
Y. Rachmanto, “Uji Akurasi Pengategorian Otomatis Berita Berbahasa Indonesia Dengan Algoritma Multinomial Naive Bayes Classifier ( NBC ),” pp. 32–38, 2018.
F. K. S. Dewi, “Klasifikasi Berita Menggunakan Metode Multinomial Naïve Bayes,” SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 16, no. 3, pp. 1–8, 2021, doi: 10.33005/scan.v16i3.2870.
N. L. G. P. Suwirmayanti, I. K. A. A. Aryanto, I. G. A. N. W. Putra, N. K. Sukerti, and R. Hadi, “Penerapan Helpdesk System dengan Pengujian Blackbox Testing,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 2, no. 02, 2020, doi: 10.46772/intech.v2i02.290.
Anggi Oktavian, “Perancangan Aplikasi Penjualan Dengan Metode Waterfall Pada Koperasi Karyawan RSUD Pasar Rebo,” J. PETIR, vol. 11, no. 1, pp. 9–24, 2018
F. Muhammad and S. L. Putri, “Sistem Informasi Pengolah Data Pegawai Berbasis Web (Studi Kasus PT Perkebunan Nusantara VII Tambaksari," Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi STMIK Subang, ISSN: 2252-4517, no. 03, pp. 1–23, 2017.
M. L. A. Latukolan, A. Arwan, and M. T. Ananta, “Pengembangan Sistem Pemetaan Otomatis Entity Relationship Diagram Ke Dalam Database,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. III, no. 4, pp. 4058–4065, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5117.
J. Suhimarita and D. Susianto, “Aplikasi Akutansi Persediaan Obat pada Klinik Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Lampung,” J. Sist. Inf. Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 24–33, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/jusinta/article/view/235.
W. Oktavia and A. Sucipto, “Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Untuk Produk Titik Media Reklame Perusahaan Periklanan (Studi Kasus: P3I Lampung),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 8–14, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.
A. Rahman and A. Doewes, “Online News Classification Using Multinomial Naive Bayes,” ITSMART J. Ilm. Teknol. dan Inf., vol. 6, no. 1, pp. 32–38, 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/fifo.2022.v14i2.001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah FIFO
Print ISSN: 2085-4315 | |
Online ISSN: 2502-8332 |
Sekretariat
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo
e-mail:[email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.