PENGARUH PELATIHAN, MOTIVASI KERJA, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU
Mohamad Yudha Gutara, Tajjudin Pogo, Ahmad Badawi Saluy
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisa apakah ada pengaruh antara pelatihan terhadap kinerja guru, motivasi kerja terhadap kinerja guru, kompetensi profesional terhadap kinerja guru, serta pelatihan, motivasi kerja, dan kompetensi profesional secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dengan jumlah 70 responden atau seluruh populasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK GP dengan objek penelitian yaitu guru yang mengajar di sekolah tersebut. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan regresi liner berganda, uji parsial, uji simultan, uji koefisien determinasi, dan uji korelasi antar dimensi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Kompetensi profesional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Pelatihan, motivasi kerja, dan kompetensi profesional secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dengan pengaruh dari ketiga variabel tersebut sebesar 70% dari hasi nilai R atau koefisien determinasi sebesar 0,700.
Abstarct
This research was conducted to test and analyze whether there is an influence between training on teacher performance, work motivation on teacher performance, professional competence on teacher performance, as well as training, work motivation, and professional competence simultaneously have an influence on teacher performance. This research is a type of explanatory research, the sample used in this study is a saturated sample with a total of 70 respondents or the entire population. This research was conducted at SMK GP with the object of research, namely the teachers who teach at the school. The data obtained were analyzed using multiple linear regression, partial test, simultaneous test, determination coefficient test, and correlation test between dimensions. The conclusion of this study is that training has a significant effect on teacher performance. Work motivation has a significant effect on teacher performance. Professional competence has a significant effect on teacher performance. Training, work motivation, and professional competence together have a significant effect on teacher performance with the influence of these three variables at 70% of the R value or the coefficient of determination of 0.700.
Keywords
Pelatihan, Motivasi, Kompetensi, Profesional, Kinerja, Guru
Copyright (c) 2020 Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
INDIKATOR Magister Manajemen Universitas Mercu Buana Jl. Raya Kranggan No. 6 Jatisampurna, Kampus D Universitas Mercu Buana 17436 Tlp./Fax: +62218449635 p-ISSN: 2598-6783 e-ISSN: 2598-4888 http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator