Peningkatan Minat Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Tangkahan di Kabupaten Langkat Melalui Penggunaan Media Sosial Instagram

Maulizatul Ummi, Euis Widiati

Abstract


Penelitian ini membahas pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana promosi objek wisata Tangkahan di Kabupaten Langkat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis persepsi wisatawan terhadap efektivitas promosi melalui Instagram, menganalisis minat berkunjung wisatawan, serta menganalisis pengaruh media sosial Instagram terhadap minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian terdiri dari 101 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @tangkahan_ dan belum pernah berkunjung ke objek wisata Tangkahan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online. Analisis dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan (R = 0,563, sig = 0,000). Koefisien determinasi menunjukkan bahwa media sosial Instagram mempengaruhi minat berkunjung wisatawan sebesar 31,6% dan 68,4% dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


Minat Berkunjung Wisatawan; Media Sosial Instagram; Objek Wisata Tangkahan

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N. (2018). Minat kunjungan wisatawan: Konsep, teori, dan aplikasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Arininta, S., & Widiati, E. (2023). Penggunaan Instagram dalam Meningkatkan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan pada Museum Nasional Indonesia. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 334-341.

Aulia Mahpiroh, & Suryono, D. (2017). Minat berkunjung wisatawan: Konsep dan pengukurannya. Yogyakarta: Penerbit Universitas Gadjah Mada.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy and Implementation. Pearson Education.

Desak Putu Rai Sattvika Putria Dian Pramita Sugiartia. (2021). Pengaruh Instagram terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial di Pantai Pandawa, Bali. Jurnal Pariwisata Nusantara, 12(3), 45-60.

Fatanti, A., & Suyadnya, I. (2015). Penggunaan Instagram untuk pemasaran destinasi wisata. Jurnal Ilmu Pariwisata, 6(2), 110-124.

Ferdinand, A. (2002). Kepuasan dan minat berkunjung dalam industri pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Heuer, J. (2019). Social Media Marketing: 4C framework. Dalam A. Smith & B. Johnson (Eds.), Advanced Social Media Strategies (pp. 100-115). London: Sage Publications.

Hidayat, M., Putri, M., & Rahman, A. (2019). Efektivitas promosi media sosial terhadap minat kunjungan wisatawan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14(1), 75-89. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jdm/issue/archive

Husein Umar. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Lubis, S. (2019). Promosi dan daya tarik wisata: Studi kasus Tangkahan. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 10(1), 55-70.

Nafisah, S., & Widyayanti, L. (2019). Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Pariwisata. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(2), 22-35.

Nasrullah, A. (2017). Media Sosial dan Komunikasi Digital. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sholikha, U. (2019). Media sosial dalam perspektif pemasaran dan komunikasi. Jurnal Komunikasi, 11(1), 18-30.

Sukmawati, H., & Suryono, D. (2019). Minat beli dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 15(2), 88-102.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk penelitian (3rd ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Taufiq Kurniawan, & M. Fajri Gifar Muqtabar. (2023). Pengaruh promosi media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung di Curug Leuwi Hejo. Jurnal Pariwisata dan Manajemen, 16(4), 90-105.

Terttunen, P. (2017). The Role of Social Media in Tourism Marketing. Journal of Travel Research, 55(8), 923-9

Utami, A. R., Suryani, T., & Prabowo, R. (2022). Minat berkunjung wisatawan: Studi kasus di Bali. Jurnal Penelitian Pariwisata, 13(1), 45-62.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jdm.v8i1.30921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Doktor Manajemen (JDM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Doktor Manajemen (JDM)
Program Doktor Manajemen - Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats