Pengaruh Media Promosi Tiktok Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Di Tiktok Shop

Nur Puput Saputri, Siska Maya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh media promosi TikTok dan Harga terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan produk di TikTok Shop.Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna TikTok Shop di Jakarta Selatan, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 97 responden. Pengambilan sampelmenggunakan rumus Lemeshow, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui gform. Dari pengolahan data menggunakan aplikasi SmartPLS versi 4 didapat (1) Media promosi TikTok berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (2) Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (3) Media promosi dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan,(4) Media promosi tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, (5) Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan, (6) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, (7) Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, (7) Media promosi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan, (8) Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan.


Keywords


media promosi, harga, keputusan pembelian, kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Buku

Abdullah. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Buchari, A. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Fandy, T. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Fitria, A. (2016). Pelaksanaan Promosi Penjualan Makanan Korea Pada Daebak. Depok.

Ghazali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. New York: McGraw-Hill.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., . . . Istiqomah,

R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu.

Kasmir, J. (2013). Studi Kelayakan Bisnis. Edisi revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Laksana, M. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Lupiyoadi, & Hamdani. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana

Media.

R. Indika, D., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Center of Academic Publishing Service (APS).

Suyono. (2018). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish. Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset. Yogyakarta.

Wijayanti, T. (2017). Marketing Plan Dalam Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.

Jurnal

Akbar, R. P., Asfahani, R., Zihad, M., Darmawan, A., Nugraha, Hendri, M., & Saudi, M. H. (2022). The Influence Of Promotion And Price Toward Purchase Decision Of Used Cars In The Showroom Murdik Motor Purwakarta Regency. Central Asia & the Caucasus.

Hatta, I. H., Rachbini, W., & Parenrengi, S. (2018). Analysis Of Product Innovation, Product Quality, Promotion, And Price, And Purchase Decisions. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law.

Lukiana, N. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kapal Api Di Lumajang. Progress Conference.

Maoyan, Zhujunxuan, & Sangyang. (2014). Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing. International Journal of Business and Social Science

Marini, R. (2019). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhada[[[[[[[[[[p Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMP 1 Gunung Sugih kab. Lampung Tengah. Lampung.

Pamungkas , B. A., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi, 145-160.

Pranaka, A. S., Ghina, A., & Putri, M. K. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Usaha Menengah Guten Inc Bandung). Jurnal Manajemen, 2272.

Rahman, R., Amin, N., Budi, W., & Arsana. (2016). Analisis Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Pt. Baruga Asrinusa Development ( Perumahan Bukit Baruga Cluster Java Regency ). Jurnal Ilmiah Bongaya.

Rombe, E., Nurmalasari, N. R., Bachri, S., & Zeylo , M. A. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THRIFT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA YOUTH THRIFT MARKET DI KOTA PALU. Jurnal

Manajemen Dewantara.

Tabelessy, W. (2021). ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PROMOSI.

JURNAL SOSOQ.

Internet

Oswaldo, I. G. (2022). Cara Jualan dan Belanja di TikTok Shop, Bisa Langsung Dicoba. Retrieved from detikFinance: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d- 6008005/cara-jualan-dan-belanja-di-tiktok-shop-bisa-langsung-dicoba

Puspa, A. W. (2022). TikTok Ideal untuk Marketing Campaign, Pengguna di Indonesia Tembus 136,4 Juta. Retrieved from https://lifestyle.bisnis.com/: https://lifestyle.bisnis.com/read/20220807/220/1563841/tiktok-ideal-untuk-marketing- campaign-pengguna-di-indonesia-tembus-1364-jut




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v4i1.23161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Fundamental Management (JFM)